Unduh Aplikasi

Pidie Jaya Kembangkan Olahraga Petanque

Pidie Jaya Kembangkan Olahraga Petanque
Atlit Pidie Jaya sedang latihan petanque. Foto: Muksal Mina

PIDIE JAYA - Pemuda di Kabupaten Pidie Jaya mulai mengembangkan olahraga petanque. Untuk pegembangan lebih lanjut, Dispora berharap olahraga petanque agar segera terdaftar pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda).

Ketua Harian Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Pidie Jaya, Mufaddin Spd kepada AJNN, Rabu (23/11) mengatakan, petanque pertama sekali dipertandingkan di Indonesia ialah ketika event internasional SEA GAMES XXVI 2011 di Palembang.

Selanjutnya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat, yang mana atlet petanque dari dari Kabupaten Bireun sendiri berhasil mengharumkan nama Tanah Rencong dengan merebut mendali perak.

"Kami berharap bisa menghasilkan atlet yang profesional, dan pada event-event berikutnya dapat mengharumkan nama Pidie Jaya melalui olahraga petanque," sebut Mufaddin.

Selama ia melatih pemuda di Gampong Lancok, Kecamatan Bandar Baru, kabupaten setempat, hingga sekarang, katanya, sudah melahirkan beberapa pemuda yang mempunyai skil mumpuni.

Sebelumnya tambah Mufaddin, para pemuda di Lancok melakukan latihan patanque hanya mengunakan bola modifikasi sendiri. Namun pada awal bulan November, para atlet petanque di Lancok mendapat bola dari pengurus FOPI nasional.

"Harapan kami agar seluruh masyarakat Pidie Jaya mendukung olahraga petanque, karena olahraga pentaque saya nilai akan berdampak positif bagi generasi muda Pidie Jaya sendiri," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pidie Jaya, Rusli Mpd sangat mendukung olahraga tersebut. Tapi ia berharap, olahraga petanque agar segera terdaftar di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh dan Popda.

"Dispora hanya mengurus olahraga pelajar. Dari itu, kalau sudah terdaftar dalam KONI Aceh dan Popda, baru kami bisa bantu mengembangkan olahraga petanque di Pidie Jaya," katanya.

Padahal, pada tahun 2015 cabang olahraga petanque telah terdaftar dalam keanggotaan KOI dan KONI pusat, bahkan olahraga petanque sudah terdaftar sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan dalam multievent Internasional seperti Sea Games. Namun, sayangnya olahraga petanque belum terdaftar untuk diperlombakan di ajang Popda.

Untuk diketahui, olahraga petanque adalah bentuk permainan boules yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonnet. Kemudian kaki harus berada di lingkaran kecil. Untuk memainkan olahraga ini harus di tanah keras atau minyak, tapi juga bisa dimainkan di rumputan, pasir atau permukaan tanah lain.

Komentar

Loading...