Unduh Aplikasi

Piala AFF 2020 Mungkin Ditunda Tahun Depan

Piala AFF 2020 Mungkin Ditunda Tahun Depan
Ilustrasi Vietnam juara Piala AFF 2018. (Nhac NGUYEN / AFP)

Gelaran Piala AFF 2020 mungkin ditunda ke tahun depan karena dampak pandemi virus corona. Semula Piala AFF akan berlangsung pada 23 November-31 Desember 2020.

Kemungkinan penundaan ini diketahui setelah berlangsungnya rapat virtual terkait Piala AFF 2020, Senin (27/7). Rapat ini diinisiasi oleh Divisi Emergency Situations AFF.

Rapat kali ini digelar untuk mengetahui kondisi terkini di kawasan Asia Tenggara. Mayoritas anggota melihat pandemi virus corona tidak akan selesai dalam waktu dekat.

Hal ini membuat Piala AFF 2020 bakal sulit digelar sesuai dengan rencana semula. Namun, muncul kekhawatiran penundaan Piala AFF ke tahun 2021 akan menimbulkan masalah baru karena padatnya kalender olahraga.

Mulai dari pesta olahraga Olimpiade 2021, Piala Dunia 2021, hingga Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.

"Komite akan melanjutkan perbincangan soal rencana ini untuk mendapatkan solusi yang pas," ujar Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan Wakil Kepala Kompetisi AFF seperti dilansir vnexpress.

Rapat lanjutan terkait nasib Piala AFF 2020 akan kembali dibahas pada 30 Juli mendatang. Rapat nanti kemungkinan akan menentukan apakah Piala AFF tetap digelar tahun ini atau ditunda ke tahun depan.

Kepastian soal venue Piala AFF 2020 juga masih menimbulkan tanda tanya. Vietnam disebut paling berpotensi jadi tuan rumah di tengah pandemi covid-19 karena jadi negara paling aman.

Namun, sepanjang pekan ini beberapa wilayah di Vietnam seperti Da Nang dan Quang Ngai mencatat banyak kasus baru terkait covid-19 yang membuat kompetisi V-League dan Divisi Utama ditunda untuk sementara waktu.

Komentar

Loading...