Unduh Aplikasi

PFI Aceh, Mengenang 15 Tahun Tsunami Lewat Gambar

PFI Aceh, Mengenang 15 Tahun Tsunami Lewat Gambar
Pameran foto PFI Aceh tentang musibah Tsunami Aceh 15 tahun silam. Foto: Ist

BANDA ACEH – Dalam rangka memperingati 15 Tahun Tsunami, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh menggelar pameran foto di Sekretariat PFI Aceh, di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Kamis (26/12).

Terdapat 25 foto yang dipamerkan terkait tragedi gempa tsunami yang telah meluluh lantakkan Aceh 15 tahun silam, kemudian lima diantaranya destinasi wisata yang ada di Kota Banda Aceh pasca tsunami.

Foto-foto tersebut hasil karya fotografer di Aceh yang bekerja di berbagai media dan juga fotografer lepas.

Pameran ini tak terlepas untuk memperlihatkan wajah Aceh saat tsunami menggulung tanah rencong, hingga merenggut nyawa ratusan jiwa warga.

Pameran foto tersebut dibuka mulai pukul 10:00 WIB hingga pukul 18:30 WIB. Pantauan dilokasi, warga begitu antusias melihat foto hasil karya fotografer senior, Bedu Saini, yang saat itu merekam kejadian bencana yang mahadasyat tersebut.

Ketua PFI Aceh, Bedu Saini mengatakan, acara ini merupakan kegiatan tahunan PFI Aceh, untuk memperingati gempa dan tsunami Aceh.

“Setiap tahun saat peringatan tsunami, kita selalu gelar pameran foto, dengan pameran foto ini, semoga kita bisa merefleksikan bagaimana dahsyatnya bencana tsunami 15 tahun silam,” kata Bedu Saini dalam keterangannya.

Peristiwa 15 tahun lalu itu, kata dia, harus menjadi pelajaran berharga untuk menyadarkan bahwa daratan Aceh adalah surga yang rawan bencana.

Kini, 15 tahun sudah bencana itu terjadi. Tanah Rencong sudah pulih dan kembali bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Bedu meminta agar masyarakat harus mawas diri, karena bencana bisa datang kapan saja dan melanda siapa saja.

"Kini kita sudah bangkit. Bukan berarti kita melupakan kejadian itu," pungkasnya.

Komentar

Loading...