Unduh Aplikasi

 Peternak Abdya Terima Sapi Bantuan

 Peternak Abdya Terima Sapi Bantuan
ilustrasi

ACEH BARAT DAYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan ratusan ekor ternak sapi dan kerbau kepada puluhan kelompok peternak. Ini merupakan langkah mendukung program swasembada daging nasional.

“Sebanyak 252 ekor sapi dan kerbau ternak yang diterima oleh 28 kelompok tani tersebut anggarannya bersumber dari APBA dan Otsus,” kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Abdya, Irmansyah, Rabu (9/11).

Dari anggaran dana otonomi khusus 2016, Pemkab Abdya menyalurkan 187 ekor sapi kepada 16 kelompok tani di seluruh kecamatan. Terdiri dari 100 ekor sapi bibit dan 83 ekor sapi penggemukan.

Selain dana otsus, kata Irmansyah, pemerintah provinsi melalui sumber Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) juga menyalurkan bantuan 43 ekor sapi dan 26 ekor kerbau kepada petani Abdya.

Sebanyak 43 ekor sapi yang diberikan kepada 9 kelompok di Kecamatan Babahrot, Kecamatan Kuala Batee dan Kecamatan Blangpidie, disalurkan langsung oleh Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh beberapa waktu lalu bersamaan dengan penyerahan ternak kerbau.

Irmansyah mengatakan semua sapi dan kerbau yang disalurkan kepada peternak oleh pemerintah tersebut selain untuk mendukung program swasembada daging nasional juga untuk meningkatkan populasi ternak di perdesaan.

''Proses penggemukan sapi yang disalurkan kepada kelompok tani tersebut dilakukan melalui sistem sapi terkurung dalam kandang yang dipelihara oleh petani dengan menyiapkan pakan tiap hari,'' kata Irmansyah.

Program penggemukan sapi tersebut merupakan yang pertama dilakukan di Abdya dan diharapkan dapat menjadi program perbaikan ekonomi petani. Irmansyah berharap ke depan, pemerintah dapat memprogramkan bantuan tambahan.

''Baru tahun ini kita mulai. Kalau berhasil, pada tahun-tahun berikutnya pemerintah daerah akan menambahkan jumlah bantuan tersebut untuk meningkatkan perekonomian petani di pedesaan sekaligus menekan harga daging yang saat ini semakin tinggi di pasar,'' tutur Irwansyah.

Komentar

Loading...