Unduh Aplikasi

Petani Peukan Bada Sukses Budidaya Melon, Omzet  Puluhan Juta

Petani Peukan Bada Sukses Budidaya Melon, Omzet  Puluhan Juta
Syarifuddin (55) saat memetik buah melon siap panen di Gampong Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Rabu (2/12/2020). Foto: AJNN/Indra Wijaya.

ACEH BESAR - Tingginya jumlah kasus positif Covid-19, membuat sejumlah warga harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Namun hal itu bukan menjadi penghalang bagi Syarifuddin (55)untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Syarifuddin melakukan usaha dengan membudidayakan tanaman melon di kebun seluas lima hektar di Ujung Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Dikebun miliknya, ada sebanyak 20 orang yang bekerja. Bisnis pertanian, khusus perkebunan buah melon ini menurutnya cukup menjanjikan.

Di lahan seluas lima hektare itu sekali panennya kebun tersebut mampu menghasilkan sebanyak 5000 butir buah melon.

Syarifuddin (55) saat memetik buah melon siap panen di Gampong Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Rabu (2/12/2020). Foto: AJNN/Indra Wijaya.

"Kita panennya bertahap. Sekali panen mencapai 5000 butir buah melon," kata Syarif kepada AJNN, Rabu (2/12/2020).

Harga perkilogram buah melon milik Syarif juga cukup terjangkau. Untuk satu kilogramnya dijual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 12.000.

Saat memasuki musim panen seperti ini, kebun melon miliknya mampu menghasilkan 20 ton buah melon segar.

Menurut Syarifuddin, di kebun miliknya pembeli juga dapat langsung merasakan sensasi memetik buah melon langsung dari kebun.

"Pengunjung juga dapat memetik dan belajar langsung bagaimana proses penanaman buah melon di kebun ini," ujarnya.

Untuk membuka lahan seluas lima hektare itu, Syarif membutuhkan modal awal sebesar Rp120 juta. Meski tergolong besar, namun omzet penjualan yang ia dapat perbulannya mencapai Rp25 juta.

Selain menjadi lahan perkebunan, kebun melon milik Syarif juga dijadikan tempat agrowisata pelepas penat untuk masyarakat yang ingin belajar.

Ia berharap dengan adanya perkebunan melon miliknya ini bisa mendorong masyarakat sekitar untuk lebih giat dalam menanam terutama dalam budidaya tanaman buah melon di Aceh dan merupakan program dari pemerintah.

"Saya liat keadaan pandemi seperti sekarang ini banyak pengangguran, dengan adanya ini mudah-mudahan akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar," harapnya.  

|INDRA WIJAYA

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...