Unduh Aplikasi

Petani Kecamatan Tiro Desak Pemerintah Bersihkan Saluran Irigasi

Petani Kecamatan Tiro Desak Pemerintah Bersihkan Saluran Irigasi
Plt Bupati Pidie Munawar A Jalil meninjau saluran irigasi. Foto: Salman

PIDIE - Petani asal Kecamatan Tiro, Pidie, mendesak pemerintah segera melakukan normalisasi saluran irigasi di daerah itu. Saat ini, sebagian besar aliran air ke sawah-sawah mereka mulai dangkal dan dipenuhi semak belukar.

"Selama ini warga sangat kesulitan mendisitribusikan air ke lahan persawahan akibat saluran irigasi tidak dibersihkan," kata Mukim Kecamatan Tiro, Ali Basyah Usman, kemarin.

Menurut Ali, pemerintah belum pernah sekalipun membersihkan saluran irigasi di Tiro, sehingga terjadinya pendangkalan yang mengakibatkan air semakin sedikit mengalir ke sawah mereka.

"Kami mendesak pemerintah untuk segera membersihkan saluran irigasi tersebut agar aliran air kembali lancar," desaknya.

Plt Bupati Pidie DR Munawar Jalil, saat meninjau lokasi irigasi di Kecamatan Tiro, kemarin, didampingi Kadis SDA Pidie Zulkifli mengatakan pihaknya memerintahkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pidie agar sesegera mungkin untuk membersihkan saluran irigasi supaya aliran air kembali lancar untuk aliri ke persawahan.

"Kita mendorong dinas SDA setempat untuk segera membersihkan saluran irigasi dengan anggaran telah tersediakan,"katanya.

Menurut Munawar, jika saluran irigasi di Tiro lancar, maka 6.000 areal persawahan di hilir dapat memanfaatkan air dari irigasi tersebut.

Komentar

Loading...