Unduh Aplikasi

Petani diminta lapor kerusakan infstruktur

ACEH BARAT DAYA - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Daya, Ir Adusmin Umar, MM menghimbau kepada seluruh petani di kabupaten ini jika menemukan saluran irigasi rusak atau bermasalah agar segera menyurati pihak dinas terkait. Dengan demikian kerusakan bisa ditangani secepatnya.

"Kita menginginkan petani menyurati dinas melalui Ketua Kelompok Tani yang ada di kecamatan itu, karena kalau diberitahukan melalui lisan itu tidak efektif. Bisa jadi akan terlupakan, tetapi kalau disurati akan menjadi pegangannya,"ucap Adusmin kepada AJNN minggu (12/10) melalui Kabid Usaha Tani, Ir Tamren.

Menurutnya, surat yang ditandatangi oleh Ketua Kelompok Tani dimaksud sebaiknya ditujukan kepada Bupati Aceh Barat Daya, selanjutnya ditembuskan ke Dinas PU dan Dinas Pertanian. Karena surat itu akan menjadi dasar untuk memperbaiki saluran yang rusak tersebut, paparnya.

Dalam surat itu kata Tamren, harus disebutkan inti kerusakan saluran, dan surat itu harus benar-benar dibuktikan kebenarannya, serta perlu dilampirkan foto kerusakan, sambung Tamren yang juga didampingi Sekretaris Dinas Pertanian setempat, Jasmadi.

Kemudian lanjut tamren, pihak dinas sangat mengharapkan kepada para penyuluh dan mantri pertanian di seluruh kecamatan agar bekerja lebih aktif lagi. Mantri tani harus tahu semua permasalahan yang dihadapi petani di lapangan dan segera melaporkan di dinas.

"Selama ini mantri memang telah bekerja tapi ada sedikit keliru, seharusnya mantri yang ke dinas untuk melaporkan masalah pertanian. Tapi selama ini, petani sendiri malah lebih dulu melaporkan ke dinas ketimbang para mantri di maksud," sebutnya.

Ia mengaku tidak ingin akibat kerusakan saluran irigasi karena akan berakibat menurunnya produksi padi yang selama ini sangat bagus. Selain itu, program tanam serentak yang sedang berjalan agar tidak terganggu, tandasnya.

RAHMAT RT

Komentar

Loading...