Unduh Aplikasi

Petambak Udang Vaname Salurkan Paket Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19

Petambak Udang Vaname Salurkan Paket Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
Deyan Moer Petambank Udang Vaname saat serahkan bantuan. Foto: AJNN/Darmansyah

ACEH BARAT - Puluhan janda miskin dari dua desa di kecamatan Samatiga, Yakni Suak Geudebang dan Suak Seumaseh mendapat bantuan paket sembako dari salah petambak udang Vaname, yakni Deyan Moer.

Selain kepada Janda miskin, Deyan juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada anak yatim yang berada di dua desa itu.

Pemberian paket sembako kepada janda miskin dan anak yatim tersebut, tentunya diharapkan Deyan dapat mengurangi beban mereka untuk kebutuhan pokok, apalagi di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid 19) ini.

Deyan mengatakan, bantuan paket sembako yang disalurkan itu berjumlah 59 paket yang dibagikan kepada 42 janda miskin dan 17 anak yatim di Desa Suak Seumaseh dan Suak Geudebang.

“Bantuan paket yang kita salurkan ini terdiri dari beras, minyak goreng, telur, mie instan dan ada sejumlah kebutuhan lainnya,” kata Deyan.

Deyan berharap dengan sembako yang disalurkannya itu bisa membantu para janda miskin dan anak yatim untuk sementara berdiam diri dirumah agar terhindar dari paparan Covid 19. Dan menurutnya, bantuan sembako pada mereka yang kurang mampu dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kelebihan uang untuk menyumbang.

Disebutkannya, jika semua pengusaha bahu-membahu membantu warga kurang mampu tanpa harus melempar semua tanggung jawab tersebut kepada pemerintah, juga bernilai ibadah.

“Jadi mari kita sama-sama memberi perhatian pada masyarakat kurang mampu ditengah situasi sulit akibat wabah Corona ini,” kata dia.

Deyan juga meminta kepada masyarakat untuk tidak salah menilai dari aksinya itu, karena apa yang dilakukannya bukan untuk mencari perhatian publik namun ia harus bersikap dengan kondisi tersebut lantaran ekonomi masyarakat yang sedang terjepit.

”Sudah sewajarnya orang yang diberi kelebihan rezeki membantu yang kurang mampu saat ini, bukan hura-hura, ini menyangkut hajat hidup yang terancam di tengah pandemi corona saat ini, setidaknya sudah terbantu, apalagi kondisi ya sekarang ini yang lagi tidak membaik,” ucapnya.

Sebenarnya, kata dia, penyaluran bantuan kerap ia lakukan selama ini bukan hanya disebabkan oleh Covid 19, karena ia sadar dengan terus membantu meringankan beban sesama maka akan ada kebahagian dan kemudahan yang diperoleh.

Deyan mengaku tidak peduli dengan usaha udang vaname-nya yang saat ini sedang merugi, lantaran penyebaran virus SARS-CoV-2 tersebut sehingga membuat negara-negera tujuan eksport udang vaname saat ini sedang Lockdown sehingga ekspor udang miliknya terhenti.

Sebelumya salah seorang pengusaha tambak udang Vaname, Amiruddin, pada Senin, (7/4) menyalurkan paket sembako sebanyak 250 paket.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...