Unduh Aplikasi

Pesona Objek Wisata Ceuraceu Alue Ie Itam

Pesona Objek Wisata Ceuraceu Alue Ie Itam
Komunitas trail saat melakukan survei potensi wisata di Ceuracue Alue Ie Itam Panga. Foto: for AJNN

ACEH JAYA - Ceuraceu Alue Ie Itam terletak di kawasan Sungai Panga, tepatnya di Desa Gle Putoeh, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya. Objek wisata ini menawarkan sejuta keindahan alam yang asri nan sejuk.

Namun, lokasi pemandian air dingin Ceuracue Alue Ie Itam itu, belum terbuka untuk umum. Karena saat ini masih dilakukan pembenahan dan perbaikan akses menuju lokasi tujuan.

Baca: Pulau Keuh, Surganya Anak Pantai yang Tersembunyi di Aceh Jaya

Keuchik Gampong Gle Putoh, Muhammad Dwi HS mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan Dana Desa (DD) untuk pembangunan akses jalan menuju ke Ceuraceu Alue Ie Itam, supaya secepatnya dapat dibuka untuk umum.

"Kami telah menganggarkan dalam Dana Desa tahun ini, untuk normalisasi jalan menuju ke lokasi," kata Muhammad Dwi kepada AJNN, Sabtu (18/1).

Baca: Wisata Bahari Pulau Reusam Kembali Diminati

Katanya, untuk saat ini memang masih dalam penataan dan perbaikan akses menuju lokasi, dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer dari pemukiman warga desa Gle Putoh.

Sedangkan untuk kondisi saat ini, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dengan kondisi jalan kerikil sepanjang 5 kilo meter. Selebihnya jalan setapak yang biasa dilalui para petani menuju kebunnya.

Baca: Pantai Pasie Luah, Lokasi Wisata dan Kuliner Terbesar di Calang

Selain itu, meski belum dibuka untuk umum, namun pihak desa sudah mengizinkan pengunjung yang ingin menikmati wahana pemandian di ceuraceu itu. Tapi dengan catatan, harus didampingi warga setempat.

"Tempatnya belum dibuka untuk umum, namun bila ada yang hendak berkunjung, tentunya diperbolehkan. Akan tetapi harus didampingi minimal 1 orang penduduk desa," ujarnya.

Lanjutnya lagi, jika wahana pemandian air dingin itu sangat cocok untuk tempat rekreasi keluarga. Sementara itu, bagi kelompok pencinta alam yang ingin menginap di lokasi juga dipersilahkan.

Baca: Air Terjun Mini Krueng Kaleung, Wisata Baru di Aceh Jaya

Apalagi beberapa waktu lalu anggota komunitas trail dari C2A Aceh Jaya, didampingi Camat Panga juga sudah melakukan survei untuk melihat langsung kondisi lokasi dan ikut bermalam disana.

"Semoga kedepan Ceuraceu Alue Ie Itam ini menjadi salah satu pilihan pengunjung, yang ingin memanjakan pikiran atau sekedar melepas penat atas rutinitas kerja," harapnya.

Komentar

Loading...