Unduh Aplikasi

Peserta BPJS Korban Gempa Pidie Jaya Dapat Santunan Rp 24 Juta

Peserta BPJS Korban Gempa Pidie Jaya Dapat Santunan Rp 24 Juta
Evakuasi korban gempa di Pidie Jaya. Foto: Muksalmina

LHOKSEUMAWE - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Lhokseumawe menyiapkan dana sebesar Rp 24 juta bagi peserta jaminan sosial yang meninggal dunia akibat gempa di Pidie Jaya, Rabu pekan lalu.

“Setiap ahli waris harus melengkapi berbagai administrasi, seperti surat kematian dari lurah atau kepala desa tempat bermukim korban, kartu tanda penduduk almarhum, kartu keluarga, dan foto kopi nomor rekening bank Mandiri ahli waris,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lhokseumawe Abdul Hadi, Rabu (14/12).

Sejauh ini, kata dia, baru satu orang yang mengurus jaminan kematian tersebut, yakni dari BPJS Ketenagakerjaan di Bireuen. Karena itu, Abdul Hadi berharap ahli waris yang peserta BPJS dapat mengurus proses pengambilan dana ini.

Abdul Hadi menambahkan, apabila tidak lagi mempunyai kartu keluarga atau KTP karena hilang saat gempa, maka bisa mengurus surat keterangan penduduk yang dikeluarkan oleh lurah dan camat setempat.

Jika semua proses tersebut lengkap, maka dalam sepekan dana jaminan kematian itu akan ditranfer ke rekening penerima dan apabila ada hal yang masih tidak jelas, maka bisa berkonsultasi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

“Bagi keluarga korban atau ahli waris agar bisa segera menyiapkan berbagai administrasi tersebut, agar jaminan itu bisa segera ditransfer. Sehingga bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan,” tutur Abdul Hadi.

Komentar

Loading...