Unduh Aplikasi

Peselancar Simeulue Masuk Final Kejuaraan AISC 2017

Peselancar Simeulue Masuk Final Kejuaraan AISC 2017
peselancar saat memperlihatkan aksinya kejuaraan Aceh Internasional Surfing Championship. Foto: Arman

BANDA ACEH - Tiga peselancar asal Kabupaten Simeulu, lolos ke babak 8 delapan besar kejuaraan Aceh Internasional Surfing Championship ke-III di Pantai Matanurung Kecamatan Teupah Tengah Kabupaten setempat. Ketigannya akan menunjukkan kemampuannya dalam babak final kejuaraan ekstrem itu yang dijadwalkan berlangsung, Sabtu (28/10) besok.

"Untuk peselancar lokal ada Ramlan, Rambo dan Reza yang masuk delapan besar dan tentu kami berharap mereka dapat meraih prestasi besok," kata Abdul Karim Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Simeulue saat menutup kegiatan tersebut, Jumat (27 /10).

Dia mengatakan final kejuaraan yang sediannya dijadwalkan Jumat terpaksa ditunda karena alasan ombak yang dinilai tidak mendukung untuk pelaksanaan babak final. Ketiga surfer lokal tersebut akan memperlihatkan kemampuan bersama peserta profesional asal luar negeri yang juga masuk dalam babak semi final.

"Untuk peserta profesional babak semi final juga akan digelar besok bersama peserta lokal, karena ombak yang tidak bagus hari ini,"kata Abdul Karim.

Pantauan AJNN. penutupan kegiatan yang menjadi agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Simeulue itu turut dihadiri unsur forkopimda setempat, serta pelaku maupun komunitas pariwisata. 

"Kami bangga menjadi bagian dari kegiatan ini, semoga ini mampu memperkuat Simeulu menjadi destinasi wisata surfing unggulan Aceh bahkan nasional,"kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rahmadani.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang terangkum dalam kalender pariwisata Aceh, selain kegiatan lainnya. Selain Simeulue, pemerintah Aceh lanjutnya akan terus mendukung kabupaten/kota yang serius membangun industri pariwisatanya.

"Untuk kegiatan ini selain anggaran dukungan juga kita berikan dengan melibatkan asosiasi surfing kenamaan dari Asia Surfing Championship (ASC), sehingga kita harapkan mampu menjadi agenda tahunan yang meriah dan peserta yang besar,"ujar Rahmadhani.

Rahmadhani berharap pemerintah setempat maupun masyarakat di Kabupaten Simeulue terus berupaya mewujudkan kabupaten itu sebagai destinasi wisata bahari unggulan yang layak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Adapun upaya tersebut diantarannya dengan kesiapan aksesibilitas, amenitas atraksi dan atraksi.

"Ketiga komponen ini paling penting diwujudkan dalam upaya memajukan suatu daerah untuk menjadi destinasi wisata unggulan dan itu tentu dibutuhkan keterlibatan semua pihak. Tapi saya yakin itu mampu diwujudkan karena ini sesuai dengan visi masyarakat disini "Simeulue Ate Fulawan."ujarnya.

39 surfer ambil bagian diajang Aceh Internasional Surfing Championship 2017 yang digelar di Pantai Matanurung Kecamatan Teupah Tengah Simeulue, sejak 26 hingga 28 Oktober 2017. Selain 20 peserta lokal, mereka berasal dari sejumlah negara diantarannya, Australia, Jepang serta peselancar nasional asal Mentawai, Bali, serta Nias.

Komentar

Loading...