Unduh Aplikasi

Pesantren dan Puluhan Rumah di Langkahan Kembali Direndam Banjir

Pesantren dan Puluhan Rumah di Langkahan Kembali Direndam Banjir
Kondisi banjir di Langkahan, Ac eh Utara. Foto: Ist

ACEH UTARA - Banjir kembali rendam puluhan rumah dan sebuah pesantren di Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (14/12). Seluruh desa yang terletak di bibir Krueng (sungai) Jambo Aye itu terendam banjir sejak pukul 08.15 WIB.

Kepala Desa Leubok Pusaka, Jaharuddin menyebutkan hingga saat ini ketinggian banjir mencapai setinggi pinggang orang dewasa, di beberapa bagian terlihat sekitar satu setengah meter. Sebahagian masyarakat mulai mengungsi barang-barang berharga ke rumah keluarga yang tidak terendam banjir di desa lain.

“Banjir ini kami duga karena deras hujan di kawasan hutan Kabupaten Bener Meriah yang berbatasan langsung dengan desa kami, sehingga air sungai meluap dan merendam pemukiman," kata Jaharuddin kepada AJNN.

Dirinya menyebut kalau desanya memang rutin terkena banjir apabila hujan deras dikawasan Kabupaten Bener Meriah. Malah sebagian masyarakat yang tinggal persis di kawasan pinggiran sungai telah mengungsi ke desa lainnya.

"Ada juga sebagian masyarakat masih bertahan di rumah karena khawatir akan kehilangan harta benda seperti hewan ternak dan lain sebagainya," ungkapnya.

Jaharuddin mengaku aparatur desa sudah melaporkan banjir ini ke pihak kecamatan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada, karena kondisi debit air yang terus meningkat.

"Jika semakin tinggi debit air kami berharap masyarakat untuk menyiapkan perahu untuk transportasi keluar masuk dari desa pedalaman kabupaten itu," katanya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...