Unduh Aplikasi

Pesan dari Peringatan Hari AIDS: Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

Pesan dari Peringatan Hari AIDS: Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya
Peringatan Hari AIDS di Meulaboh, Aceh Barat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Memperingati hari HIV/ AIDS se-dunia, 1 Desember, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Aceh Barat menggelar aksi simpatik. Mereka membagi-bagikan bunga mawar dan brosur berisi imbauan untuk mewaspadai penyebaran HIV/AIDS kepada masyarakat Aceh Barat.

Bunga mawar dan brosur itu dibagikan kepada pelintas kawasan Simpang Pelor, di Jalan Teuku Umar, Meulaboh. Kegiatan sama juga digelar di Simpang Kisaran, di depan Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh.

“Jauhi penyakitnya bukan orangnya,” kata Ketua KPA Aceh Barat, Emi Hartin, Kamis (1/12). Menurut Emi, pesan kepada masyarakat untuk tidak memusuhi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) penting untuk terus disuarakan.

Saat ini, terdata dua orang penderita HIV/AIDS di Aceh Barat. Namun tidak tertutup kemungkinan jumlah ini bertampah karena fenomena penderita HIV/AIDS seperti gunung es.

Menurut Emi, masyarakat masih mencap penderita HIV/AIDS sebagai orang jahat. Padahal, kata dia, tidak semua penderita tertular akibat perilaku yang menyimpang. Dia juga menegaskan virus HIV tidak mudah ditularkan.

“Tidak serta merta orang yang bersentuhan dengan penderita HIV/AIDS akan tertular,” kata Emi. Penyakit hanya akan ditularkan lewat jarum suntik bekas yang tercampur darah penderita HIV/AIDS atau hubungan seks tanpa kondom. Emi mengatakan penyakit ini belum ditemukan penawarnya.

Untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya HIV/AIDS, pihaknya juga menggelar sosialisasi lewat siaran radio dan jalan santai dengan orasi terkait penyakit itu.

“Orasi akan kita lakukan sepanjang jalan sesuai rute jalan santai, terus nanti juga ada senam sehat disertai dengan penarikan undian bagi peserta,” ungkapnya.

Komentar

Loading...