Unduh Aplikasi

Perwal Kota Banda Aceh: Setiap Senin Dilarang Pakai Kantong Plastik untuk Belanja

Perwal Kota Banda Aceh: Setiap Senin Dilarang Pakai Kantong Plastik untuk Belanja
Petugas menunjukkan banner kampanye setiap hari merupakan hari tanpa plastik di Suzuya Mall, Banda Aceh, Kamis (10/6/2021). Foto: AJNN/Indra Wijaya.

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh, pada 5 Juni lalu mengeluarkan Peraturan Wali Kota no. 111 tahun 2020, tentang pembatasan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Swalayan, Supermarket dan Mall.

Dalam Perwal tersebut ditetapkan bahwa, setiap hari Senin, sebagai hari tanpa kantong plastik. Selain itu, pelaku usaha juga tidak memberikan plastik secara cuma-cuma ke konsumen, tetapi memberikan biaya tambahan Rp500 rupiah.

Kasi Teknologi Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Banda Aceh, Rosdiana mengatakan pelaku usaha menyediakan kantong plastik atau kantong belanja ramah lingkungan.

"Kita mengimbau masyarakat untuk beralih ke tas belanja ramah lingkungan. Karena di Indonesia sendiri yang menghasilkan sampah terbesar itu ada plastik, dan berakhir di laut," kata Rosdiana saat sosialisasi pembatasan penggunaan kantong plastik di Suzuya Mall, Banda Aceh, Kamis (10/6/2021).

Selain itu, lanjutnya, untuk sampah plastik sendiri tidak mudah terurai ataupun membusuk. Maka dari pihaknya melakukan sosialisasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan kepada customer di Suzuya Mall.

Baca: Mulai 5 Juni, Berbelanja Pakai Kantong Plastik di Banda Aceh Dikenakan Tarif 

Ia mengatakan, sebelumnya pihaknya juga sudah menerapkan hal yang sama tepatnya pada 21 Februari 2016. Namun, karena tidak ada payung hukum yang kuat, penerapan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan itu hanya bertahan enam bulan saja.

"Maka hari ini kita lakukan sosialisasi juga bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia," ujarnya.

Sementara itu, Manajer Store Suzuya Mall, Amalia Yolanda mengatakan, pihaknya mendukung peraturan tersebut terkait dengan setiap Senin hari tanpa plastik.

"Sebelumnya juga kita sudah membuat tas belanja ramah lingkungan untuk kita tawarkan ke customer. Dan kita sosialisasi kan perlahan-lahan kepada customer," pungkasnya.

HUT Pijay

Komentar

Loading...