Unduh Aplikasi

Pertamina operasikan pipa Arun-Belawan

Pertamina operasikan pipa Arun-Belawan
Pipa arun belawan dioperasikan, Foto: liputan6.com
Pertamina operasikan pipa Arun Belawan

JAKARTA - PT Pertamina Gas (Pertagas) akhirnya mengoperasikan Pipa Arun Belawan yang proses konstruksinya sudah dimulai sejak Agustus 2013. Proyek pipa gas berkapasitas 300 million standard cubic feet per day (MMSCFD) ini membentang sepanjang 350 kilometer dari Arun, D.I Aceh hingga Medan, Sumatera Utara.

"Pemerintah akan terus mendorong dan memfasilitasi Pertagas, agar pipa Arun Belawan dapat beroperasi normal hingga tahap komersial," ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM ) Sudirman Said dalam acara Commissioning Pipa Gas Arun-Belawan di Medan, Kamis (11/12/2014).

Dia juga menerangkan, pipa Arun Belawan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat wilayah Sumatera dan Aceh.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya memgaku puas mengingat pembangunan proyek pipa tersebut berlangsung tepat waktu.

Di tahap awal, proses uji coba pipa gas dilaksanakan di kawasan PLN Pembangkitan Listrik Sumatera Utara, sektor Pembangkitan Belawan. Itu diputuskan dengan pertimbangan PLN sebagai konsumen utama yang akan menerima aliran gas pertama dari pipa tersebut.

"Kami bersyukur pipa Arun Belawan sudah dapat beroperasi sehingga supply listrik ke wilayah tersebut lebih lancar. Gas dari pipa tersebut juga dapat digunakan untuk menanggulangi krisis listrik dan kebutuhan energi masyarakat Aceh dan Sumatera Utara," terangnya.

Hendra menjelaskan, jika proses uji coba berjalan dengan baik, pipa Arbel akan memasuki tahap komersialisasi pada kuartal pertama 2015.

|LIPUTAN6

Komentar

Loading...