Unduh Aplikasi

Pertama Kalinya, Pimpinan DPRK Aceh Jaya Dilantik Dalam Tiga Tahap

Pertama Kalinya, Pimpinan DPRK Aceh Jaya Dilantik Dalam Tiga Tahap
Irwanto NP sedang menjalani sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Calang, Antyo Harri Susetyo di ruang sidang paripurna gedung dewan setempat. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Seyogyanya, pelantikan unsur pimpinan dewan perwakilan rakyat dilantik atau disumpah dilaksanakan dalam satu masa sidang paripurna. 

Namun hal tersebut berbeda dengan pengambilan sumpah/janji terhadap unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya periode 2019-2024. Sidang paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji dilaksanakan dalam tiga tahap untuk melantik atau mengukuhkan tiga unsur pimpinan dewan setempat.

Berdasarkan jejak digital pemberitaan AJNN, dimana Muslem D dari partai Aceh dilantik sebagai ketua DPRK Aceh Jaya periode 2019-2024 pada tanggal 12 September 2019. 

Baca: Muslim Jadi Ketua DPRK Aceh Jaya, PNA Usul Dua Calon

Sementara, Teuku Asrizal dari Partai Golkar dilantik sebagai wakil ketua II periode 2019-2024 pada tanggal 5 November 2019. Selanjutnya, Irwanto NP dari Partai Nanggroe Aceh periode 2019-2024 dilantik pada hari ini 11 Januari 2021.

Baca: Teuku Asrizal Dilantik Jadi Wakil Ketua II DPRK Aceh Jaya

Ketua DPRK Aceh Jaya, Muslem D mengakui jika pelantikan unsur pimpinan DPRK Aceh Jaya periode 2019-2024 berbeda dengan periode sebelumnya, dimana biasanya ketua dan wakil ketua diangkat atau diambil sumpah secara bersamaan dalam satu kali rapat paripurna. 

"Kali ini memang kita berbeda dengan periode sebelumnya, dimana pengambilan sumpah jabatan terhadap unsur pimpinan dewan diambil tidak bersamaan dalam satu sidang paripurna," kata Muslem kepada AJNN, Senin (11/1).

Baca: Baca: Irwanto Resmi Jabat Wakil Ketua I DPRK Aceh Jaya

Menurutnya, unsur pimpinan DPRK Aceh Jaya periode 2019-2024 ini terpaksa dilaksanakan peresmian pengangkatan secara terpisah dikarenakan ada beberapa kendala, sehingga baru hari ini dapat dilaksanakan pengambilan sumpah terhadap wakil ketua I DPRK Aceh Jaya.

Namum demikian, dirinya tetap mengharapkan dengan diangkatnya wakil ketua I DPRK agar dapat meningkatkan tugas pimpinan DPRK Aceh Jaya.

“Jadi dengan telah diangkatnya saudara Irwanto, NP sebagai wakil ketua I DPRK Aceh Jaya, kami mengharapkan dapat meningkatkan tugas ketua DPRK Aceh Jaya kedepan,” pintanya

Dengan kata lain, jika ketua DPRK berhalangan, maka tampuk pimpinan ketua DPRK dapat dilaksanakan oleh wakil-wakilnya," pungkas Muslem.

Komentar

Loading...