Unduh Aplikasi

Peroleh 17 Ribu Suara, PKS Klaim Dapat Lima Kursi DPRK Aceh Besar

Peroleh 17 Ribu Suara, PKS Klaim Dapat Lima Kursi DPRK Aceh Besar
Jumpa pers pengurus PKS Aceh Besar. Foto: AJNN.Net/Rahmat Fajri.

ACEH BESAR - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil meraup 17.513 suara untuk calon Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar pada Pemilu 17 April 2019. Dengan perolehan suara tersebut, PKS dipastikan bakal meraih 5 kursi untuk DPRK Aceh Besar 2019-2024. Bahkan diyakini bakal menduduki posisi pimpinan yaitu wakil ketua.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Aceh Besar Ismunandar, menyebutkan data 17.513 suara tersebut diperoleh berdasarkan hasil rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari semua kecamatan. Dan raihan suara PKS Aceh Besar tahun ini meningkat signifikan dari Pemilu 2014 lalu .

"Perolehan suara PKS pemilu 2019 bedasarkan data PPK semua kecamatan mencapai 17,513 suara. Dengan angka ini PKS Aceh Besar berhasil meraih 5 kursi DPRK Aceh Besar," kata Ismunandar, Sabtu (27/4).

Ismunandar menyampaikan, lima kursi DPRK Aceh Besar yang diraih PKS tersebut antara lain, dari Dapil 1 Kecamatan Lembah Seulawah, Seulimeum, Kota Jantho, Kuta Cot Glie dan Indrapuri, PKS mendapatkan 3.163 suara, angka terbanyak diraih Hanifullah.

Selanjutnya, dari Dapil 2 yaitu Kecamatan Lhoong, Leupung, Lhoknga, Peukan Bada, Pulo Aceh PKS mendapat 2.580 suara, disana Eka Rizkina memiliki suara tertinggi.

Kemudian, Dapil 3 Kecamatan Darul Imarah, Darul Kamal, Simpang Tiga mendapatkan 3.093 suara, terbanyak Ruslan Effendi. Lalu di Dapil 4 Kecamatan Ingin Jaya, Montasik, Blang Bintang, Suka Makmur, Kuta Malaka berhasil meraup 3.599 suara dangan suara terbanyak atas nama Mursalin.

“Yang terakhir Dapil 5 Kecamatan Darussalam, Baitussalam, Kuta Baro, Krueng Barona Jaya, Mesjid Raya kita mendapatkan 5.078 suara, posisi teratas diraih oleh Zulfikar Aziz," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Ismunandar menuturkan bahwa peninglatan suara PKS tahun ini karena memang kerjas keras dari para caleg dan kader. Selain itu juga karena tinggi nya partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka.

"Memang hasil kerja keras caleg, setiap pekan kita evaluasi, dan perolehan ini juga karena meningkatnya partisipasi pemilih di Aceh Besar," tuturnya.

Ismunandar yakin kalau PKS bakal menduduki kursi pimpinan DPRK Aceh Besar 2019-2024, kepastian ini berdasarkan data suara setiap partai.

"PKS Aceh Besar di peringkat ketiga, setelah PAN tujuh kursi dan Partai Aceh yang juga mendapatkan lima kursi," ujar Ismunandar.

Komentar

Loading...