Unduh Aplikasi

Permintaan Meningkat, Stok Darah di UTD PMI Aceh Utara Kritis

Permintaan Meningkat, Stok Darah di UTD PMI Aceh Utara Kritis
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Permintaan darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Aceh Utara meningkat. Sementara stok darah di tempat itu sangat minim.

“Permintaan meningkat sejak sepekan terakhir. Khususnya darah O, dan untuk golongan darah itu saat ini sangat kritis,” kata Kepala Bagian Humas UTD PMI Aceh Utara, Fauzi Abu Bakar kepada AJNN, Jumat (8/11).

Fauzi menambahkan, jumlah stok darah di UTD hari ini, A 32 kantong, B 32 kantong, O tiga kantong, dan AB 38 kantong. Total seluruhnya 105 kantong.

“Kita tidak bisa memastikan darah tersebut sampai kapan akan bertahan, karena permintaan dari rumah sakit tidak menentu, bisa jadi kosong dalam sehari,” ujarnya.

Fauzi juga menyebutkan, dalam setiap bulan, darah yang harus dipenuhi sebanyak 1500 kantong. Akan tetapi, pihaknya belum dapat memenuhi permintaan tersebut.

“Kita akan terus galakkan mobil donor darah keliling. Dan berharap juga kepada masyarakat, supaya mendonorkan darahnya secara sukarela, guna untuk menolong sesama,” tuturnya.

Komentar

Loading...