Unduh Aplikasi

Peringati Milad GAM di Aceh Jaya Diwarnai Pengibaran Bulan Bintang

Peringati Milad GAM di Aceh Jaya Diwarnai Pengibaran Bulan Bintang
Pengibaran bendera bulan bintang di Aceh Jaya

ACEH BARAT - Bekas kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Aceh Jaya memperingati hari ulang tahun GAM dengan mengibarkan Bendera Bulan Bintang. Upacara itu dilakukan di dalam kawasan hutan di kabupaten setempat, Minggu (4/12).

Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah satu Meurehom Daya, Teuku Dedi Saputra mengatakan pengibaran bendera tersebut lebih kepada bentuk rasa hormat mereka terhadap para aktivis GAM yang meninggal dunia ketika konflik.

“Upacara ini kami lakukan untuk mengenang para syuhada yang telah terlebih dahulu meninggal dunia, dan semoga arwah beliau dapat diterima disisi Allah,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Dedi berharap agar pemerintah segera merealisasikan apa yang menjadi perjanjian antara pemerintah pusat dengan kelompok GAM melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati di Helsinki 15 Agustus 2005 lalu.

Menurutnya, apa yang menjadi tuntutan masyarakat Aceh melalui MoU Helsinki selama ini belum dipenuhi secara penuh oleh pemerintah pusat, sehingga melahirkan kekecewaan ditengah masyarakat.

“Kami masyarakat Aceh merasa kecewa atas realisasi MoU Helsinki saat ini, karena harapan terakhir kami adalah MoU Helsinki untuk segera direalisasi,” ungkapnya.

Pentingnya pemerintah pusat merealisasi segala yang telah tertuang dalam kesepakatan itu, kata dia, untuk menghindari terjadinya gejolak atau konflik baru di Aceh sehingga merugikan semua pihak.

Komentar

Loading...