Unduh Aplikasi

Peringati Milad, Bekas Kombatan GAM Larut dalam Doa

Peringati Milad, Bekas Kombatan GAM Larut dalam Doa
Juru Bicara KPA Wilayah I Aceh Besar Jufria Ananda

ACEH BESAR - Peringatan Hari Ulang Tahun atau Milad GAM Ke-40 dirayakan mantan kombotan Gerakan Aceh Merdeka di Makam Wali Nanggroe Hasan Tiro, di Gampong Meureu, Kec.Indrapuri, Aceh Besar, Minggu (4/12). Mereka larut dalam doa dan menjamu anak yatim korban konflik dengan makan bersama usai pelaksanaan doa.

"Seperti pada perayaan sebelumnya, agenda utama pada milad ke 40 adalah kenduri anak yatim dan mendoakan rekan yang syahid," kata Jufria Ananda, Juru Bicara KPA Wilayah I Aceh Besar kepada AJNN, Minggu (4/12).

Di peringatan tersebut kata Jufri pihaknya berharap seluruh masyarakat Aceh menjaga perdamaian yang telah berjalan sejak 11 tahun silam. Pemerintah lanjut Jufri juga diminta berperan aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh lewat program-program pembangunan disegala bidang.

"itu sesuai moto pada Milad kali ini "Ta Peu Saboh Hate untuk Membangun Aceh (Mari Satukan Hati Membangun Aceh), untuk itu kami berharap dukungan pemerintah agar kesejahteraan masyarakat Aceh khususnya dapat terwaujud," kata Jufri.

Sementara terkait agenda pemilihan kepala daerah, Jufri berpesan agar masyarakat Aceh dapat memilih sosok pemimpin yang dapat membawa perubahan dan menjaga perdamaian Aceh.

"Masyarakat Aceh hendaknya dapat memilih dan memilah bahwa untuk mempertahankan perdamaian di Aceh saat ini ada di Partai Aceh," katanya.

Jufria memastikan HUT Milad GAM ke 40 di Aceh Besar hanya diisi kegiatan doa dan zikir tanpa pengibaran bendera bulan bintang sebagaimana himbauan Pemerintah.

"Sampai hari ini belum ada satu lembar pun yang kami persiapkan atau cetak untuk menyambut milad GAM, namun dibalik semua itu jika memang ada temuan (berkibar) itu diluar tanggungjawab kami selaku panitia. Kami taat pada atasan," tegas Jufria.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib tersebut berlangsung khidmat dan dihadiri Wakil Gubernur Aceh non aktif Muzakir Manaf, Bupati Aceh Besar Muklis Basyah, Tuha Peut, Lapan serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) dan DPRK Partai Aceh. Hadir sejumlah masyarakat dari enam Gampong di wilayah tersebut.

Milad GAM adalah hari lahir GAM yang dideklarasikan di Gampong Tiro Kabupaten Pidie, 4 Desember 1976. Sebelum damai, 11 tahun silam perayaannya diperingati kombotan GAM secara sembunyi-sembunyi dan diwarnai pengibaran simbol simbol GAM. Namun setelah damai perayaannya dikenang dengan kegiatan doa dan kenduri.

Komentar

Loading...