Unduh Aplikasi

Peringati Malam Nuzulul Qur'an, Pemko Sabang Gelar Ceramah Islami

Peringati Malam Nuzulul Qur'an, Pemko Sabang Gelar Ceramah Islami
Foto: Ist

SABANG -Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang menggelar ceramah Islami dalam rangka memperingati malam Nuzulul Qur'an yang jatuh pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, bertempat di Masjid Agung Babussalam, Rabu malam (28/4/2021).

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang, Drs. Marwan mengatakan peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini sedikit berbeda, mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Dua tahun ini peringatan Nuzulul Qur'an sedikit berbeda, selama dalam masa pandemi. Biasanya dalam keadaan normal, selain ceramah Islami, Kita juga membuat perlombaan yang berkaitan dengan Nuzulul Qur'an seperti lomba tadarus dan dalail khairat," kata Marwan.

Namun, lanjutnya, dua tahun ini diperingati dengan sederhana tanpa menghadirkan perlombaan tersebut. Selain itu, kegiatan yang biasanya dilaksanakan di halaman masjid dan bebas dihadiri masyarakat, kini harus dilangsungkan di dalam masjid dengan lebih mengedepankan protokol kesehatan mengingat masih dalam kondisi pandemi.

"Tapi yang cukup melegakan, tahun ini kita bisa menghadirkan penceramah dari luar Sabang yaitu DR. Tgk. H. Awwaluz Zikri Zailani, Lc.MA. yang berasal dari Kota Langsa," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, DR. Tgk. H. Awwaluz Zikri Zailani, Lc.MA dalam ceramahnya menyampaikan bahwa Al-Qur'an merupakan pedoman umat Islam yang di dalamnya terdapat hukum dan kisah Rasulullah SAW.

"Kita sebagai hamba patut bersyukur karena Allah SWT telah memberikan Al-Qur'an sebagai pegangan dan panduan hidup kita," tuturnya.

Menurutnya setiap orang harus lebih rajin mengaji dan mengkaji Al-Qur'an agar lebih mudah menjalani hidup di dunia dengan mengamalkan isi Al-Qur'an di setiap langkah sebagai nikmat dan petunjuk dari Allah SWT.

HUT Pijay

Komentar

Loading...