Unduh Aplikasi

Peringati hari primata Indonesia, mahasiswa gelar aksi

Peringati hari primata Indonesia, mahasiswa gelar aksi
Primata
BANDA ACEH - Memperingati hari primata Indonesia (30/1) aktivis dan mahasiswa gelar aksi dan teatrikal di bundaran simpang lima Banda Aceh.

Dalam aksinya massa menyampaikan perdagangan primata di Indonesia menjadi ancaman serius, saat ini lebih dari 95 persen primata diperdagangkan dan itu adalah hasil dari penangkapan di alam, prosenya pun kerap dengan cara kejam sehingga tidak sedikit primata yang mati dari proses tersebut.

" Salah satu primata yang kini sedang banyak diperdagangkan adalah kukang ( Nycticebus sp ) kebanyakan dari kukang tersebut dicabuti giginya oleh pemburu, ini untuk memberikan kesan bahwa kukang adalah primata yang jinak dan tidak menggigit. Sepanjang tahun 2013 Pro Fauna Indonesia mencatat sedikitnya ada 40 kasus perdagangan kukang secara Online," ujar koordinator aksi Agung Kasasti.

Agung juga menyampaikan, pemerintah harus lebih serius menangani perdagangan primata karena UU Nomor 55 yahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem, perdagangan primata juga dilarang dan pelakunya bisa diancam dengan hukuman penjara 5 tahun dan denda 100 juta rupiah.

Pantauan AJNN.Net dilapangan, massa melakukan teatrikal dengan menggunakan kostum primata dan dirantai di arak mengelilingi bundaran . Massa juga membawa banner dengan bertuliskan " stop perdagangan Primata " |MUHMMAD BAHRUDDIN
Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...