Unduh Aplikasi

Peringati Hari Pahlawan, Jalan di Aceh Besar Hening 60 Detik

Peringati Hari Pahlawan, Jalan di Aceh Besar Hening 60 Detik
Kepolisian dari Satlantas Aceh Besar, menghentikan seluruh pengendara yang melintas di kabupaten itu, tepat pukul 08.15 WIB. Foto: Ist

ACEH BESAR - Berbagai cara dilakukan untuk mengenang hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November. Di Aceh Besar sejumlah ruas jalan sempat hening dari hilir mudik kendaraan selama sekitar 60 detik.

Kondisi ini terjadi setelah petugas kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Besar, menghentikan seluruh pengendara yang melintas di kabupaten itu, tepat pukul 08.15 WIB. Petugas satlantas yang menghentikan seluruh kendaraan mengajak pengendara baik dua maupun empat untuk mengheningkan cipta sesaat guna mengenang jasa pahlawan.

"Aksi ini kami harap mampu membangkitkan rasa nasionalisme kita terhadap NKRI, " kata Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto melalui Kasatlantas Iptu Sandy Titah Nugraha, Kamis (10/11).

Tak hanya itu lanjut Titah, mengheningkan cipta juga bertujuan mendoakan para pahlawan yang gugur demi mempertahankan kemerdekaan. Moment tersebut juga diharap menjadi ajang bagi seluruh warga Aceh Besar sejauh mana telah berbuat untuk kemajuan bangsa. "Ini sebagai ajang pendidikan juga buat generasi muda untuk menghormati pahlawan kita,"ujar Sandy.

Pantuan AJNN, aksi sempat menimbulkan tanda tanya dari pengendara yang dihentikan petugas. Hal ini karena sebahagian pengendara tidak mengetahui jika hari ini 10 November merupakan hari pahlawan. Kondisi tersebut juga membuat sejumlah ruas jalan hening sesaat dari deru mesin kendaraan.

"Sempat heran juga tadi karena gak tau kalau hari ini 10 November. Terima kasih kepada kepolisian sudah mengingatkan saya," kata Andru salah seorang pengendara..

Komentar

Loading...