Unduh Aplikasi

Pergub Cuti Hamil dan Melahirkan, Dosen Unmuha: Secara Psikologis Sangat Baik

Pergub Cuti Hamil dan Melahirkan, Dosen Unmuha: Secara Psikologis Sangat Baik
Pergub cuti melahirkan selama enam bulan bagi PNS, PPPK atau tenaga honorer dan kontrak di Aceh.
BANDA ACEH - Gubernur Aceh Zaini Abdullah, menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai cuti hamil dan melahirkan bagi pegawai negeri sipil (PNS), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) atau tenaga honor perempuan dan suami selama hampir tujuh bulan. Pergub Aceh No 49 tahun 2016 ditandatangani oleh Abu Doto—sapaan Zaini Abdullah--pada tanggal 11 Agustus 2016.

Dosen Psikolog Universitas Muhammadiyah Aceh Endang Setianingsih, mengatakan kalau dilihat dari segi psikologis, cuti hamil dan melahirkan dalam pergub tersebut sampai tujuh bulan itu sangat baik.

"Kalau dari psikologis, menyususi itu cukup dengan waktu enam bulan. Tapi dalam pergub sampai tujuh bulan, ini merupakan sesuatu yang harus didukung," kata Endang Setianingsih kepada AJNN, Senin (15/8).

Menurutnya pergub yang diterbitkan itu merupakan salah satu komitmen Pemerintah Aceh dalam menyikapi tentang pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi yang baru lahir. Sehingga perempuan akan lebih fokus mengurus bayinya.

"Ini kalau dilihat dari segi psikologis sudah sempurna. Kalau tujuh bulan si bayi pun tidak terabaikan lagi, dan si ibu bisa fokus mengurus bayi nya dengan baik," ungkapnya.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...