Unduh Aplikasi

Pergub Aceh Tentang Disiplin Corona Dikembalikan Mendagri, Jubir: Tinggal Proses

Pergub Aceh Tentang Disiplin Corona Dikembalikan Mendagri, Jubir: Tinggal Proses
Foto: Ist

BANDA ACEH - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengembalikan rancangan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh tentang peningkatan penanganan Covid-19 ke Pemerintah Aceh.

Kini, rancangan Pergub Aceh tersebut hanya tinggal menunggu proses lanjutan untuk kemudian dilembardaerahkan, dan menjadi peraturan berkuatan hukum tetap.

Juru Bicara Covid-19 Aceh, Saifullah Abdul Gani mengatakan, rancangan Pergub Aceh itu sudah disusun dan diserahkan kepada Mendagri pada pertengahan Agustus 2020 lalu untuk dapat difasilitasi.

Setelah itu, Mendagri baru mengembalikan draf Pergub tersebut kepada Pemerintah Aceh beberapa hari lalu, suratnya sendiri ditandatangani akhir Agustus 2020 lalu.

"Sudah dikembalikan, barusan saya cek. Surat pengembalian Mendagri diteken disana tanggal 31 Agustus 2020," kata Saifullah Abdulgani saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/9).

Pria yang akrab disapa SAG ini menyampaikan, rancangan Pergub Aceh tersebut sejauh ini masih dalam proses finishing karena terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki sesuai dengan masukan dari Mendagri.

"Ada beberapa masukan yang harus disesuaikan dari Kemendagri. Sekarang sedang proses untuk ditetapkan dan dilembardaerahkan supaya memiliki kekuatan hukum tetap," ujarnya.

SAG menjelaskan, proses di Kemendagri memang sedikit lama, biasanya selesai dalam dua pekan, tetapi Pergub Aceh kali ini hampir satu bulan. Hal itu disebabkan karena banyak daerah yang mengajukan secara bersamaan.

"Biasanya dua minggu paling lama, mungkin semua daerah mengajukan yang sama. Maka proses di Mendagri ini cukup lama," tutur SAG.

Komentar

Loading...