Unduh Aplikasi

Perekrutan PPK dan PPS Diduga Penuh Rekayasa

Perekrutan PPK dan PPS Diduga Penuh Rekayasa
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Pidie Jaya 2018 yang dilaksanakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat diduga penuh rekayasa.

"Seperti sudah distel, dan siapa yang lewat menjadi PPK sepertinya sudah ada," ungkap salah seorang pendaftar, Miswar kepada AJNN, Kamis (19/10).

Pasalnya, kata Miswar, ia melihat ada kecurangan yang dipraktikkan oleh panitia seleksi. Hal itu terbukti, hilangnya salah satu berkas peserta, yang menyebabkan peserta gugur di administrasi.

Namun, panitia seleksi sama sekali tidak mau bertanggung jawab atas hilangnya berkas peserta. Padahal, segala berkas kelengkapan sebagai syarat pendaftaran PPK sudah disiapkannya jauh-jauh hari.

"Saya tidak lewat adm karena dinyatakan tidak menyertakan surat kesehatan dari doktor, padahal saya sudah menyerahkan surat kesehatan itu, dan waktu mendaftar juga diperiksa oleh panitia. Tapi ketika diumumkan dibilang saya tidak menyertakan surat keterangan kesehatan, kan aneh," katanya sambil menunjukkan fotocopy pertinggal surat keterangan kesehatan yang ditanda tangani oleh Dr Sri Wahyuzar pada tanggal 12 Oktober 2017.

Miswar menambahkan, ia telah mengkonsultasi masalah tersebut ke salah seorang Komisioner KIP Pidie Jaya. Namun komisioner tersebut malah mengatakan kalau dia tidak memiliki bukti kalau surat kesehatan sudah disertakan.

"Dalam map berkas tidak ditemukan adanya surat pemeriksaan kesehatan dari doktor, mungkin silap masuk dalam berkas. Tidak bisa dibuktikan, kecuali ada pertinggal anda sewaktu diantar berkas ada paraf panitia. Dalinya tidak cukup syarat," jelas Miswar mengutip perkataan komisioner KIP tersebut.

"Kalaupun tidak lengkap persyaratan tidak mungkin saya mendaftar," tambahnya dengan nada kesal.

Hingga berita ini diunggah, AJNN belum memperoleh konfirmasi baik dari Ketua KIP maupun dari Komisioner KIP Pidie Jaya.

Komentar

Loading...