Unduh Aplikasi

Percepatan Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus APBN 2021

Percepatan Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus APBN 2021
Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2021 difokuskan mendukung pada kelanjutan penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi 

"Fokus APBN tahun ini memberikan perlindungan kepada masyarakat, penangganan Covid 19, kesehatan, serta peningkatan pendidikan," kata Syafriadi, Rabu (13/1).

Oleh sebab itu, kata Syafriadi, anggaran yang berkaitan dengan perlindungan sosial, infrastruktur dan kesehatan sangat di perlukan dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Pemerintah lebih fokus mengarah kebijakan fiskal dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi," ujarnya.

Total belanja Negara di Aceh mencapai Rp48,8 triliun yang terdiri dari belanja kementerian/lembaga sebesar Rp14,4 triliun dan alokasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp34,4 triliun. 

"Harapannya, APBN 2021 di Aceh dapat dikelola dengan baik, efektif dan akuntabel serta melakukan percepatan penyerapan anggaran agar perekonomian di Aceh dapat bergerak lebih baik," kata Syafriadi. 

Lebih lanjut, Syafriadi menjelaskan realisasi belanja Kementerian/lembaga di provinsi Aceh pada 2020 mencapai Rp 12,552 miliar. 

"Sedangkan realisasi penyaluran DAK fisik mencapai Rp1,816 triliun atau 93,95 persen dari pagu Rp1,953 triliun dan realisasi Dana Desa mencapai Rp 4,977 triliun atau 99,95 persen dari pagu Rp 4,980 triliun," imbuhnya. 

Untuk pencapaian target penyerapan belanja APBN 2021, pihaknya terus berupaya mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan, percepatan pencairan dana APBN dan percepatan penyaluran untuk melindungi masyarakat dan mengakselerasi pemulihan perekonomian. 

"Dengan alokasi yang sudah diberikan bisa dioptimalkan sejak awal tahun dan segera melaksanakan proses lelang lebih awal agar pemerataan pembangunan lebih cepat," ungkapnya. 

Komentar

Loading...