Unduh Aplikasi

Perang Yang Tak Bisa Dimenangkan

Perang Yang Tak Bisa Dimenangkan
Ilustrasi: surveyorhood.

Kepolisian Daerah Aceh dan Komando Daerah Militer Iskandar Muda memusnahkan hampir ton narkoba kemarin. Ini adalah hasil penangkapan dan pengungkapan jaringan narkoba di Aceh hanya dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. 

Jika banyak orang menyebut peredaran narkoba sama seperti fenomena gunung es, maka dapat dibayangkan berapa besar jumlah narkoba yang saat ini beredar di Aceh. Berapa banyak pula anak bangsa yang terjerat dalam peredaran zat berbahaya itu. 

Kepala Kepolisian Daerah Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, misalnya, mengalami dua hal berbeda setiap kali terungkap kasus-kasus peredaran narkoba di Aceh. Sebagai seorang polisi, dia merasa bangga jajarannya dapat mengungkap peredaran narkoba. 

Namun di sisi lain, sebagai manusia biasa, dia merasa miris karena jumlah narkoba yang diungkap kepolisian termasuk dalam kategori fantastis. Pengungkapan-pengungkapan kasus peredaran narkoba ini semakin menunjukkan bahwa Aceh adalah daerah yang sangat rentan untuk dijadikan sebagai pasar dan pintu masuk narkoba dari luar negeri ke Aceh dan seluruh Indonesia, terutama jenis sabu-sabu. 

Perang terhadap narkoba ini semakin hari semakin berat. Terutama di saat negara selalu tertinggal beberapa langkah dari para pengedar. Pendekatan ini juga tak terlalu signifikan untuk menekan jumlah anggota masyarakat yang terus meningkat untuk mencicipi narkoba. 

Karena itu, selain mendorong tindakan represif, aparat penegak hukum dan pemerintahan harus memikirkan ulang definisi perang terhadap narkoba ini. Termasuk dengan mengkaji efektifitas langkah yang dilakukan selama ini. Apakah memang berhasil menekan atau semakin menyuburkan aktivitas peredarannya. 

Mungkin selama ini negara terlalu fokus berperang sehingga lupa untuk menguatkan sistem sosial dalam menekan laju pertumbuhan pengguna narkoba. Karena itu, sekali lagi, perlu kajian ilmiah secara mendalam dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Sehingga waktu dan anggaran yang ada dapat lebih dimaksimalkan untuk menekan jumlah peredaran narkoba di Aceh. 

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...