Unduh Aplikasi

Penyidikan Selesai, Dakwaan Irwandi Yusuf Dilimpahkan ke Pengadilan

Penyidikan Selesai, Dakwaan Irwandi Yusuf Dilimpahkan ke Pengadilan
Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (ANTARA/Dhemas Reviyanto/FT02)

BANDA ACEH - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan dakwaan dan berkas perkara terdakwa Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf ke pengadilan, Selasa (30/10).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penyidik sudah menyelesaikan penyidikan terhadap tiga orang tersangka dalam kasus dugaan suap terkait DOK Aceh.

"Sudah dilakukan pelimpahanan barang bukti dan tiga tersangka TPK suap terkait dengan pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 ke penuntutan," kata Febri Diansyah

Adapun tiga tersangka yang sudah dilimpahkan yakni Irwandi Yusuf, mantan Gubernur Aceh periode Februari 2007-Februari 2012, berkas yang dilimpahkan adalah berkas dalam penyidikan dugaan suap terkait DOK Aceh dan dugaan penerimaan gratifikasi. Kemudian Teuku Saifuk Bahri, dan Hendri Yuzal.

Baca: KPK Limpahkan Berkas Dakwaan Ahmadi ke Pengadilan

"Rencana sidang dilakukan di Pengadilan Tipikor Jakarta," ungkapnya.

Hingga saat ini, kata Febri, total jumlah saksi yang sudah diperiksa mencapai 121 orang dalam dua perkara ini. Ketiganya juga masing-masing telah diperiksa sekurangnya empat kali dalam kapasitas sebagai tersangka.

Unsur saksi yang diperiksa yakni, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Asisten II Provinsi Aceh, Kepala Bappeda Aceh Periode 2017 sampai dengan sekarang, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, PNS pada Dinas Pengairan Aceh, Dinas PUPR, Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Aceh, Direktur Utama PT Tuah Sejati, dan Wiraswasta.

Komentar

Loading...