Unduh Aplikasi

Penyidik KPK Panggil Cak Imin

Penyidik KPK Panggil Cak Imin
Cak imin
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdullah Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin, hari ini (Jumat, 23/10). Ia dipanggil dalam kapasitasnya sebagai mantan menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II kala itu.

Plh Humas KPK, Yuyuk Andriati menyatakan, Cak Imin dipanggil bersaksi untuk Jamaludin Malik yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di Direktorat Pembinaan dan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans).

"Yang bersangkutan memang dijadwalkan penyidik KPK untuk jalani pemeriksaan terkait kasus tindak pidana korupsi di Direktorat Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, untuk tersangka JM," terang Yuyuk Andriati lewat pesan singkat.

Diduga kuat, Cak Imin mengetahui ihwal tindak pidana korupsi yang dilakukan mantan anak buahnya tersebut.

"Yang pasti seseorang dipanggil KPK karena keterangannya dibutuhkan penyidik," jelas Yuyuk.

Seperti diketahui, dalam kasusnya Jamaludin diduga melakukan pemerasan terkait dengan penggunaan anggaran di Ditjen P2KT pada 2013/2014.

Kasus ini terjadi ketika Kemenakertrans membangun sarana dan prasarana berupa gedung perkantoran di lahan Transmigrasi di daerah Kalimantan, dimana setiap item proyek itu, Jamaluddin meminta jatah kepada pihak yang membangun gedung.

Berdasarkan informasi, kasus ini melibatkan sejumlah pejabat eselon II di Kemenakertrans dan Kemdes bahkan kasus ini mengarah kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, waktu itu, Muhaimin Iskandar.

|RMOL

Komentar

Loading...