Unduh Aplikasi

Penyebab Kericuhan di Rutan Sigli

Penyebab Kericuhan di Rutan Sigli
Kondisi Rutan Sigli pasca-kerusuhan. Foto: AJNN.Net/Salman

PIDIE-Aksi kerucuhan narapidana hingga berujung pembakaran Rumah tahanan (Rutan) kelas II B Sigli, Pidie disebabkan pengambilan mesin dispenser air oleh petugas rutan.

Kepala Devisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Aceh, Meurah Budiman kepada AJNN, Selasa (3/6) mengatakan, berdasarkan keterangan para nara pidana aksi ricuh dan pembakaran rutan disebabkan petugas sipir mengambil dispenser mereka dikamar beberapa hari yang lalu.

"Mereka marah dan kesal terhadap sipir rutan karena mengambil Dispenser yang telah diberikan oleh kepala rutan,"ujarnya.

Akibat pengambilan Dispenser, lanjut Meurah Budiman, merupakan salah satu faktor penyebab terjadi kericuhan hingga berujung aksi pembakaran Rutan dan pelemparan batu.

Setelah melakukan negosiasi, mereka meminta beberapa orang sipir yang mengambil dispenser agar tidak boleh lagi bertugas rutan tersebut.

"Alhamdullah kondisinya sudah mulai tertib setelah kita lakukan negosiasi dan mereka berjanji tidak lagi melakukan aksi-aksi anarkis, dan paska kericuhan tersebut tidak ada napi  yang kabur," kata Budiman.

Komentar

Loading...