Unduh Aplikasi

Penyebab Kantor Keuchik Gampong Kota Dirusak Warga

Penyebab Kantor Keuchik Gampong Kota Dirusak Warga
Kondisi kantor keuchik pascadihancurkan warga. Foto: AJNN.Net/Sarina

LHOKSEUMAWE - Kantor Keuchik Gampong Kota, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe diserang warga, Kamis (22/8). Kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Pantauan AJNN di lokasi kejadian saat ini dijaga ketat oleh aparat Kepolisian Polres Lhokseumawe. Sementara warga terlihat ramai di areal kantor Keuchik Gampong Kota tersebut.

Camat Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Bakhtiar menyebutkan warga nekat menghancurkan Kantor Keuchik Gampong Kota, karena kesal tidak bisa bertemu dengan Keuchik dan Sekretaris desa setempat.

“Ini penyebab awal terjadi menyangkut dengan lahan, dimana lahan yang dipermasalahkan sekarang ini sudah digarap puluhan tahun oleh warga Pusong Baru untuk membuka usaha produksi ikan kering, dan sudah merekrut beberapa tenaga kerja,” kata Bakhtiar kepada AJNN.

Baru-baru ini, Kepala Desa Kota memohon kepada Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya untuk memberikan lahan yang digarap warga tersebut untuk dibangun parkir masjid, karena kebetulan arealnya berdekatan dengan masjid, karena menimbang demi kepentingan umum, Pemko Lhokseumawe menerima saran itu.

Baca: Kantor Keuchik Gampong Kota Diserang Warga

“Pemko Lhokseumawe memberikan izin, dengan catatan segala masalah yang timbul diharapkan dapat diselesaikan oleh perangkat gampong, baik itu keuchik maupun sekretaris,” ungkapnya.

Setelah itu, Kepala Desa Gampong Kota, baru-baru ini mengeluarkan surat untuk pengosongan terhadap lahan itu, karena dalam waktu dekat akan dibangun lokasi parkir. Namun, warga yang menerima surat imbauan itu marah dan tidak terima tempat usahanya yang sudah puluhan tahun digusur.

“Jadi warga ini marah dan mencari kepala desa untuk mempertanyakan menyangkut surat itu, tetapi kepala desa dan sekretaris tidak ada di tempat, kemudian warga yang datang melampiaskan amarahnya dengan merusak kantor keuchik,” jelasnya.

Sambungnya, kantor keuchik tersebut diduga dirusak dan dipecahkan kacanya menggunakan gagang kursi, batang kayu dan batu.

“Kami sudah koordinasikan kasus ini dengan aparat Kepolisian guna mengusut siapa pelaku dibalik pengrusakan Kantor Keuchik ini,” ungkapnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...