Unduh Aplikasi

Penyambutan Intan Ananda, Peraih Perak KSM Nasional di Manado

Penyambutan Intan Ananda, Peraih Perak KSM Nasional di Manado
Foto: Ist

ACEH BESAR - Keluarga besar MAN 4 Aceh Utara dan Kemenag Aceh Utara menggelar acara penyambutan kepulangan Intan Ananda dari Manado setelah mengukir prestasi yang membanggakan. Intan berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional 2019 dalam bidang studi fisika terintegrasi yang diselenggarakan di Manado 16-21 September 2019 lalu.

Acara penyambutan itu dihadiri oleh Kepala Kankemenag Aceh Utara, Salamina, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Hamdani A Jalil, Kepala Sekolah Faisal, guru, dan ratusan pelajar MAN 4 Aceh Utara. Kegiatan ini berlangsung Selasa (24/9) pagi bertempat di halaman MAN 4 Aceh Utara yang berlokasi di Jalan Ara Keumudi, Desa Punti, Kecamatan Matangkuli.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Utara Faisal, dalam kata sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya dan memberikan apresiasi atas keberhasilan Intan yang telah mengharumkan nama madrasah sebagai juara dua KSM Nasional. Keberhasilan itu menjadi bukti prestasi dapat diraih melalui pintu mana saja. Selain itu, Faisal juga memberikan semangat kepada seluruh siswa untuk meniru dan mencontoh semangat dan kegigihan para peraih prestasi. Ia menegaskan, semua harus mampu mengembangkan potensinya masing-masing agar bisa berkompetisi pada KSM tahun depan.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Aceh Utara Salamina, mengungkapkan keberhasilan itu berasal dari dukungan maksimal seluruh civitas selama ini. Oleh karena itu, beliau berharap, raihan itu menjadi awal prestasi-prestasi selanjutnya.

“Berharap prestasi ini akan semakin melecutkan semangat siswa lainnya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki,” ujar Salamina

Lebih lanjut, Salmina mengaku bersyukur atas prestasi tersebut. “Alhamdulillah kita dapat Juara 2 Fisika Terintegrasi dan berhasil meraih medali perak pada KSM tingkat Nasional. Artinya MAN 4 Aceh Utara dan Kankemenag Aceh Utara menoreh prestasi yang monumental dan mencatat sejarah baru bidang pendidikan di kancah nasional pada tahun ini,” jelasnya

Ia juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Intan Ananda. "Saya sangat mengapresiasi semua usaha yang telah dilakukan semua pihak, panitia, guru pendamping, dan seluruh masyarakat Aceh yang telah mendoakan perjuangan anak-anak di Manado. Selamat buat Intan Ananda Srikandi dari Bumi Malikussaleh, dan bravo untuk MAN 4 Aceh Utara," tutupnya.

Siswa-siswi Aceh berhasil meraih lima mendali KSM tingkat nasional di Manado, yaitu satu emas, dua perak dan dua perunggu. Medali emas diraih Ahmad Faqih Al-Ghiffary pada kompetisi matematika terintegrasi tingkat MA. Sedangkan medali perak diraih Ilham Darni dan Intan Ananda pada kompetisi fisika terintegrasi tingkat MA. Sementara medali perunggu diraih Muhammad Arif Khalfani Ismail pada kompetisi IPA terpadu terintegrasi tingkat MTs dan Atsil Syahgibran di kompetisi geografi terintegrasi tingkat MA.

Perjalanan Intan menuju KSM nasional dimulai pada bulan Agustus 2019 di tingkat Kabupaten Aceh Utara. Sebagai juara I tingkat Kabupaten Aceh Utara, dia melaju ke seleksi tingkat Provinsi Aceh yang diselenggarakan pada awal September 2019 di Banda Aceh. Di tingkat provinsi dia meraih juara 2, sehingga berhak maju ke tingkat nasional di Manado.

Di tingkat kabupaten, seleksi diselenggarakan dalam bentuk computer basic test (CBT). Di tingkat provinsi seleksi berbentuk CBT. Begitu pula saat KSM tingkat nasional, kompetisi dilaksanakan dalam bentuk CBT dan praktik. Semua Intan lalui dengan semangat.

“Semua tak lepas dari proses latihan dan bimbingan yang dilakukan oleh guru pembimbing saya. Selain latihan rutin saya juga diberi motivasi untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik diiringi dengan doa serta sikap rendah hati,” kata Intan.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...