Unduh Aplikasi

Penundaan DAU Tak Berpengaruh pada Gaji PNS Aceh Besar

Penundaan DAU Tak Berpengaruh pada Gaji PNS Aceh Besar
Dok AJNN
BANDA ACEH - Pemerintah Aceh Besar mengaku penundaan penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima kabupaten itu tidak berdampak bagi gaji pegawai negeri sipil (PNS) serta pembiayaan sejumlah proyek. Hingga akhir 2016 posisi saldo kas Pemerintah Aceh Besar diakui masih mencukupi kebutuhan belanja.

"Jadi kebijakan penundaan itu jangan diterjemahkan sendiri-sendiri karena akan menimbulkan keresahan dikalangan pegawai. Kalau Aceh Besar tidak ada masalah, gaji PNS tetap lancar," kata Sekretaris Daerah Aceh Besar Jailani Ahmad, dihubungi AJNN, Selasa (30/8).

Baca: Dana Alokasi Umum untuk Empat Kabupaten di Aceh Ditunda

Menurut Jailani masuknya Aceh Besar sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang ditunda penyaluran DAUnya karena kabupaten itu dinilai memenuhi persyaratan sebagaimana alasan pemerintah pusat. Salah satunya kondisi saldo kas daerah serta kebutuhan belanja hingga akhir 2016.

"Pemerintah daerah tidak bisa menutupi kondisi kasnya kepada pemerintah pusat. Mereka tahu berapa saldo kami," kata Jailani.

Begitupun kata Jailani, kebijakan penundaan penyaluran DAU membuat pihaknya harus mengkoordinasikan kembali pembangunan atau proyek di Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), khususnya yang belum dikerjakan hingga bulan Agustus. Sementara proyek yang telah dikerjakan akan tetap berjalan.

Kabupaten Aceh Besar merupakan 1 dari 4 kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang ditunda penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) setelah pemerintah melalui Menteri Keuangan menerbitkan peraturan nomor 125/PMK.07/2016 tentang penundaan penyaluran DAU kesejumlah daerah di Indonesia. Empat kabupaten di Aceh yang ditunda penyalurannya DAU masing masing Aceh Besar, Timur Utara dan Kabupaten Simelue.

Adapun total daerah di Indonesia yang ditunda penyaluran DAU oleh pemerintah pusat mencapai 169. Penentuan daerah yang terkena penundaan didasari pemerintah pada kapasitas fiskal, kebutuhan belanja dan posisi saldo kas di daerah pada akhir 2016 yang dikatagorikan sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi dan sedang.

Komentar

Loading...