Unduh Aplikasi

Penjual Minuman Keras di Aceh Tengah: Kalau Tangkap Jangan Tebang Pilih

Penjual Minuman Keras di Aceh Tengah: Kalau Tangkap Jangan Tebang Pilih
Tersangka AP (baju tahanan) penyimpanan miras saat diperlihatkan dalam konferensi pers, Selasa (10/12/2019) di Aula Bayangkari, Mapolres Aceh Tengah. Foto: AJNN.Net/Fauzi Cut Syam.

ACEH TENGAH - Tersangka AP (33), penyimpan minuman keras yang saat ini ditahan Kepolisian Polres Aceh Tengah meminta kepada aparat hukum untuk tidak tebang pilih dalam melakukan penangkapan warga yang menyimpan, memperdagangkan minuman keras (miras) di Aceh Tengah.

"Jangan tebang pilih, masih banyak orang di daerah ini yang menyimpan dan jualan miras, jangan cuma saya saja yang ditangkap. Lagi pula miras itu untuk saya minum sendiri," kata AP, saat ditanya wartawan dalam konferensi pers, Selasa (10/12) di Mapolres Aceh Tengah.

Sebelumnya, AP yang merupakan warga Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu ditangkap oleh Satpol PP/WH Aceh Tengah bersama warga kampung Nunang Antara, Sabtu, 30 November 2019 di Ex Café Rose di Dusun Lintang Kampung Nunang Antara, Bebesen Aceh Tengah dalam operasi pengerebekan menjelang dini hari. Usai ditangkap, tersangka selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian Polres Aceh Tengah.

Menanggapi protes tersebut, Kasatpol PP/WH Aceh Tengah Syahrial Afri mengatakan pihaknya dalam menjalankan tugas selalu berpedoman pada Qanun Aceh nomor 06 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, sehingga tidak ada istilah tebang pilih.

"Semua orang yang secara terang - terangan mengkonsumsi minuman keras (Miras) di depan umum pasti kami tindak keras sesuai peraturan dan qanun yang berlaku di Aceh," tegas Syahrial Afri kepada AJNN.

Baca: Simpan Puluhan Minuman Beralkohol, Warga Tapanuli Utara Ditahan Polres Aceh Tengah

Sedangkan untuk mereka yang menyimpan dan memperdagangkan Miras, Syahrial Afri mengatakan pihaknya bekerjasama dengan pihak kepolisian akan terus melakukan pemantauan dan kalau terbukti, maka pihaknya tidak segan-segan melakukan penindakan.

Dalam konferensi pers tersebut, pihak kepolisian juga memperlihatkan sejumlah barang bukti yang diamankan dari lokasi milik tersangka AP. Barang bukti yang ditampilkan yaitu, dua botol minuman dengan merk Cointreau (1849) kadar alkohol 40 persen isi 100 ml, dua botol berisi minuman merk Smirnoff alkohol 40 persen isi 750 ml, dan satu botol minuman merk Red Lebel Jhonny Walker alkohol 40 persen isi satu liter.

Kemudian, satu botol berisi minuman dengan merk Sea Horses golongan B alkohol diatas 19,8 persen, isi 250 ml, 21 Botol minuman merk Gilbeys 1857 isi 350 ml alkohol 45 persen, enam botol minuman anggur merah Columbus isi 250 ml alkohol + 20 persen, dan tiga botol kosong minuman dengan merk Jack Daniels Jennesoe Whiskey 1,0 liters alkohol 40 persen.

Selain itu juga ada satu botol kosong minuman dengan merk Conitreau (1849) alkohol 40 persen isi 100 ml dan 13 Botol kecil kosong minuman dengan merk Conitreau (1849) alkohol 40 persen isi 50 ml, serta satu botol kosong minuman dengan merk Heineken Kaget Beer alkohol 4,8 persen isi 100 ml.

Fauzi Cut Syam

Komentar

Loading...