Unduh Aplikasi

Penjelasan Dokter Soal Bayi Penderita Gizi Buruk di Agara

Penjelasan Dokter Soal Bayi Penderita Gizi Buruk di Agara
Foto: Ist

ACEH TENGGARA -Ahmad Saleh selian, bayi penderita gizi buruk di Aceh Tenggara kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit umum daerah setempat.

"Saat ini sedang dirawat, tugas kita perbaiki dulu penyakit penyertanya itu. Karena wajar orang penderita TBC badannya kurus," jelas dr Bukhari SpoG.

Baca: Bayi Penderita Gizi Buruk di Agara Butuh Uluran Tangan

Bukhari melanjutkan, sejak awal kondisi pasien terganggu, lahir secara prematur. Selain itu, pasien juga menderita penyakit TBC sebagai penyakit bawaan.

"Untuk bayi lahir prematur, bayi lahir belum cukup bulan. Sehingga, fungsi organ belum optimal semua," diterangkan alumni Universitas Diponegoro itu.

Dijelaskan Bukhari, pasien penderita TBC nafsu makan berkurang. Kalau penyakit penyertanya TBC-nya membaik, berat badan pasien bisa cepat terkoreksi.

"Saya lihat ini belum termasuk tahap beratlah, masih bisa dikoreksi dengan upaya perbaikan penyakit penyertanya itu," katanya.

Pasien gizi buruk, katanya, asupan gizi kurang. Artinya, kondisi badan anggota keluarga di rumah pasien itu juga kurus. 

"Ini mamaknya gemuk. Berarti, asupan gizi di keluarga itu cukup. Persoalannya anak ini gak mau makan, karena ada penyakit," ujar Bukhari.

Namun demikian, kata Bukhari, ia sudah menyampaikan kepada keluarga pasien untuk tetap dirawat dulu di rumah sakit. Nanti, kapan dibilang dokter pulang, disitu pulang.

"Secara manajemen, kepada dokter yang merawat juga sudah saya sampaikan. Obat apa yang perlu untuk kebutuhan pasien akan kami siapkan," tandasnya.

|RIKI

Komentar

Loading...