Unduh Aplikasi

Pengibar Bendera Bulan Bintang di Burni Telong Tidak Ditahan Polisi

Pengibar Bendera Bulan Bintang di Burni Telong Tidak Ditahan Polisi
Illustrasi Bendera Bulan Bintang. Foto: Aceh Video

BENER MERIAH - Lima orang pendaki yang kedapatan membawa bendera Bulan Bintang dikembalikan ke keluarga masing-masing. Rencananya, bendera ini hendak dikibarkan di puncak Burni Telong, Bener Meriah.

“Mereka ditahan sebentar. Sekarang sudah dikembalikan ke keluarga masing-masing,” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Bener Meriah Ajun Komisaris Polisi Suparwanto, Senin (5/12).

Polisi menilai tidak ada unsur pidana dalam tindakan para remaja tersebut. Polisi hanya menasehati agar mereka tidak mengulangi perbuatan tersebut.

Keberadaan Bulan Bintang sebagai bendera daerah masih belum mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. Pemerintah pusat menilai bendera ini pernah menjadi simbol gerakan separatis, sehingga tidak boleh digunakan.

"Hingga saat ini masalah ini masih menjadi polemik, sebelum ada keputusan dari Mendagri, kami mengimbau bendera ini untuk tidak dikibarkan,” kata Suparwanto.

Ketua Partai Aceh Bener Meriah Sabinari alias Mangki mengimbau warga dan simpatisan untuk tidak kibarkan bendera Bulan Bintang dalam memperingati Milad Gerakan Aceh Merdeka ke-40 tahun, kemarin.

Komentar

Loading...