Unduh Aplikasi

Pengguna Narkoba Rawan Tularkan HIV kepada Pasangan

Pengguna Narkoba Rawan Tularkan HIV kepada Pasangan
Pengguna narkoba. Foto: RN
BANDA ACEH - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh Kombes Armensyah Thay menyebutkan pecandu narkoba sangat rentan tertular panyakit HIV/AIDS. Kondisi ini membuat pasangan mereka juga mudah tertular.

"Seseorang yang kecanduan narkoba cenderung melakukan seks bebas, gonta ganti pasangan, sehingga berpeluang terjangkit HIV, kebanyakan mereka pemakai sabu," kata Armen kepada wartawan, di Banda Aceh, kemarin.

Para pecandu narkoba, kata Armen, mempunyai perilaku berbeda. Pengguna narkoba sering melakukan berbagai hal negatif, seperti berhubungan seks dengan pekerja seks komersial.

"Rata-rata suami yang terjangkit HIV, karena sering berhubungan seks dengan pasangan tidak resmi, menularkan penyakit itu ke istri," kata Armen.

Saat ini, kata Armen, jumlah pengguna narkoba di Aceh mencapai 72 ribu orang. Sebagian menjalani program rehabilitasi. "Kebanyakan mereka direhab atas dasar kemauan sendiri, titipan keluarga. Ada juga yang ditangkap BNN," ujarnya.

Dia juga menyebutkan penguna narkoba yang menjalani program rehabilitasi tidak sepenuhnya akan sembuh. Rehabilitasi hanya upaya untuk mengurangi ketergantungan dari bahan kimia itu sendiri.

"Rehab tidak bisa sembuh dari ketergantungan, melainkan untuk pemulihan awal selama beberapa bulan. Semua tergantung si pengguna," ungkap Armen. “Jadi dibutuhkan perilaku syariah untuk mengubah seseorang dari perilaku menyimpang. Serta dukungan dari semua pihak.”

Komentar

Loading...