Unduh Aplikasi

MENOLAK PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN

Penggugat Bupati Hamdan Sati Dijemput Paksa

Penggugat Bupati Hamdan Sati Dijemput Paksa
Alur Sungai Kaloy. Terancam pembangunan pabrik semen. Foto: ist
BANDA ACEH - Kuasa hukum para penggugat Bupati Aceh Tamiang, Riesqi Rahmadiansyah, angkat bicara terkait penjemputan paksa seorang penggugat, kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB.

Menurut dia, langkah penjemputan paksa ini merupakan bentuk intimidasi untuk membatalkan tuntutan hukum yang sedang diupayakan para penggugat di Pengadilan Tata Usaha Negara di Banda Aceh kepada Bupati Hamdan Sati.

“Siapapun yang menjemput, mereka kami anggap sebagai representasi pihak tergugat. Kami akan melawan hal ini,” kata Riesqi, Selasa (9/8).

Adalah Ngatino (42), warga Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu, Aceh Tamiang, diambil paksa sejumlah orang dari kediamannya. Jumat pekan lalu Ngatino dan dua rekannya; Sutiadi dan M Menen, mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara di Banda Aceh. Mereka meminta Bupati Hamdan Sati membatalkan rencana pembangunan pabrik semen di desa mereka.

Baca: Khawatir Dampak Buruk, Warga Gugat Bupati Aceh Tamiang

Seperti diceritakan istri Ngatino, kata Riesqie, Ngatino dibawa ke rumah seseorang yang dikenal sebagai penghubung PT Tripa Semen Aceh, perusahaan yang akan beroperasi di Kaloy, dan baru dipulangkan tiga jam kemudian.

“Hingga kini, Ngatino masih enggan memberikan keterangan. Dan ini adalah ancaman psikis sebagai upaya pembungkaman warga yang berseberangan,” kata Riesqie.

Riesqie berharap, para pihak yang bersengketa menahan diri sembari menunggu hasil persidangan di PTUN. sebagai warga yang menetap di negara hukum, masing-masing pihak harus menghormati proses hukum yang tengah berlangsung.

Pengacara di Public Interest Lawyer-Network (PIL-Net) ini juga bakal mengadukan kasus penjemputan paksa ini ke Kepolisian Daerah Aceh dan menyampaikan laporan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

“Setiap langkah yang diambil di luar hukum, akan bermuara pada bupati,” kata Riesqie. 

Komentar

Loading...