Unduh Aplikasi

Pengembangan pemuda perlu campur tangan pemerintah

Pengembangan pemuda perlu campur tangan pemerintah
Wpid 20141028 155144
BANDA ACEH - Pembangunan pemuda di Aceh dinilai belum punya grand desain. Sehingga pemuda terkesan tumbuh sendiri-sendiri tanpa ada campur tangan pemerintah.  Padahal untuk pembangunan generasi yang cemerlang perlu campur tangan pemerintah.

"Kalau sekarang hampir tidak ada campur tangan pemerintah,  pemuda dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa dukungan pemerintah, "kata Iskandar Usman, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh ( DPRA) dalam dialog pemuda, Selasa (28/10) di Banda Aceh.

Dialog pemuda ini digelar bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 November setiap tahun. Selain Iskandar yang didapuk menjadi pemateri adalah Alfian koordinator Masyarakat Transparansi Anggaran (MaTA). Diskusi ini mengangkat tema dengan semangat sumpah pemuda dan adanya pemimpin baru kita tingkatkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme.

Diskusi ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh.

Iskandar menilai,  selama ini pemerintah masih kurang peduli terhadap pengembangan pemuda di bidang kewirausahaan. Itu bisa dilihat sangat sedikit anggaran bantuan modal usaha dan pemberdayaan kemampuan berbisnis.

"Kalau pun ada diberikan tetapi tidak tepat sasaran,  pemerintah hanya duduk di kantor menunggu proposal. Seharusnya mereka turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi kelayakan,"ujarnya.

Sementara itu, kata Alfian keterlibatan pemuda dalam pembangunan sangat penting. Salah satunya peran yang bisa diambil pada saat penyusunan anggaran.

"Pemuda juga perlu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan anggaran pembangunan, "katanya.

ZULIA JM

Komentar

Loading...