Unduh Aplikasi

Pengelolaan Limbah Bermasalah, Polisi Periksa Tiga Direktur Rumah Sakit

Pengelolaan Limbah Bermasalah, Polisi Periksa Tiga Direktur Rumah Sakit
Polisi menyegel bangunan penyimpanan limbah Rumah Sakit Harapan Sehat. Foto: Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat memanggil tiga direktur rumah sakit yang beroperasi di Aceh Barat. Pemanggilan itu untuk dimintai keterangan terkait dengan penanganan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) milik tiga rumah sakit tersebut.

Tiga direktur rumah sakit yang akan dipanggil tersebut yaitu Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh, Dr. Furqansyah, Direktur Rumah Sakit Swasta Harapan Sehat, Dr. Teuku Rahmat Iriansyah dan Pemilik Rumah Sakit Swasta Montela, Syarifah Meri Mirna.

Kepala Polres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar polisi Raden Bobby Aria Prakasa melalui Kepala Kaur Bin Ops (KBP) Reserse dan Kriminal, Inspektur Polisi Dua P Panggabean mengatakan jadwal pemanggilan ketiga direktur tersebut akan dilakukan pada Rabu dan Kamis.

“Kami jadwalkan Rabu dan Kamis minggu ini. Ketiganya kami panggil guna meminta keterangan, setelah kami lakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli dari USU dan saksi lainnya,” kata Pak Gabe--sapaan akrab P Panggabean--menjawab pertanyaan wartawan, Senin (8/10).

Baca: Polisi Segel Tiga Bangunan Penyimpanan Limbah Rumah Sakit di Aceh Barat

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pengelolaan limbah B 3 tersebut, tidak sesuai standar yang berlaku terutama meyangkut dengan bangunan tempat penyimpanan sementara limbah B3 itu.

Dalam kasus itu sendiri, kata dia, sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan , melanggar pasal 59 jounto 102 dan/atau pasal 59 jounto pasal 103 dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara atau denda sebesar paling banyak 3 miliar.

Sebelumnya, aparat kepolisian sudah menyegel tiga bangunan pengelolaan limbah rumah sakit yang ada di kabupaten setempat. Penyegelan dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat lantaran bangunan penyimpanan limbah rumah sakit tersebut berada di lingkungan penduduk, apalagi limbah rumah sakit sangat berbahaya.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...