Unduh Aplikasi

Pengangkutan Cangkang Sawit di Aceh Jaya Resahkan Pengguna Jalan

Pengangkutan Cangkang Sawit di Aceh Jaya Resahkan Pengguna Jalan
Tumpahan cangkang kepala sawit di badan Jalan Nasional lintas Banda Aceh - Meulaboh, Dusun Kuala Meurisi, Desa Keutapang, Calang, Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Pengangkutan cangkang kelapa sawit di jalan lintas nasional tepatnya lintas Banda Aceh - Meulaboh dari Desa Alue Piet Kecamatan Panga hinga Kota Calang, Aceh Jaya dinilai sudah mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani mengatakan bahwa pengangkutan cangkang kepala sawit dari PT. Syaukath Agro Panga menuju Pelabuhan Calang, Aceh Jaya selama ini sudah menggangu pengguna jalan raya.

Pasalnya, tumpahan cangkang kepala sawit kini bertaburan di sepanjang jalan nasional lintas Banda Aceh - Meulaboh tepatnya dari Desa Alue Piet Kecamatan Panga, bahkan lintasan kota Calang, Aceh Jaya.

"Kami sudah lihat sendiri dan juga berdasarkan informasi masyarakat banyak di persimpangan dan beberapa titik lainnya cangkang kepala sawit berjatuhan di badan jalan raya hingga mengguna pengguna jalan," kata Abdo kepada AJNN, Minggu (4/10).

Lanjut Abdo, pihaknya menilai pengangkutan cangkang kelapa sawit telah mengabaikan keselamatan para pengguna jalan, karena tidak sedikit cangkang yang mereka bawa berjatuhan di badan jalan.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada pihak perusahaan atau pihak yang bertanggung jawab agar bisa memperhatikan keselamatan para pengguna jalan sebelum adanya korban atau hal lain yang tidak diinginkan.

"Kami minta semua pihak terkait untuk bertanggung jawab terhadap pembersihan cangkang di jalan yang berserakan sebelum adanya korban," pinta Abdo.

Selain itu, pihaknya mendukung dibukanya jalur perdagangan laut internasional langsung melalui Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, apalagi jika ada pemasukan daerah (PAD), namun keselamatan warga juga tidak boleh diabaikan.

"Kami sangat mendukungnya, namun keselamatan warga juga harus diutamakan," cetusnya.

Sementara itu,  Humas Syaukath Agro, Jonni Bustari mengaku sudah memperingati pihak pembeli serta pihak pengangkutan untuk segera dibersihkan cangkang yang tumpah di badan jalan.

"Kami telah sampaikan ke pihak pembeli dan pengangkutan untuk segera dibersihkan, dan dari informasi cangkang yang tumpah sebagian di jalan sedang dibersihkan saat ini," terang Jonni.

Komentar

Loading...