Unduh Aplikasi

Pengangguran di Aceh 136 Ribu Orang, di Kota Lebih Tinggi

Pengangguran di Aceh 136 Ribu Orang, di Kota Lebih Tinggi
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Angka pengangguran di Aceh pada Februari 2020 sebanyak 136 ribu orang. Dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) paling tinggi di daerah perkotaan.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, pada Februari 2020, jumlah angkatan kerja Aceh sebanyak 2,5 juta. Naik 52 ribu orang dibandingkan Februari 2019.

"Pada Februari 2020, sebanyak 2,3 juta orang adalah penduduk bekerja dan 136 ribu orang menganggur," kata Kepala BPS Aceh, Ihsanurijal dalam konferensi pers yang disiarkan melalui Youtube, Selasa (5/5).

Ihsanurijal menyampaikan, jika dilihat dari daerah tempat tinggalnya, TPT di perkotaan tercatat lebih tinggi dibandingkan wilayah perdesaan.

"Pada Februari 2020, TPT di wilayah perkotaan sebesar 8,01 persen, sedangkan TPT di wilayah perdesaan hanya sebesar 4,13 persen," ujarnya.

Namun, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan, TPT tetap mengalami penurunan masing-masing sebesar 0,20 persen (kota) poin dan 0,15 persen poin (desa).

Sementara, kata Ihsanurijal, kalau dilihat dari tingkat pendidikan, TPT yang tertinggi adalah lulusan Universitas, yaitu 8,30 persen.

Kemudian tingkat SMA sebesar 8,15 persen. Dengan kata lain, ada penawaran tenaga kerja yang tidak terserap, terutama pada tingkat pendidikan Universitas dan SMA.

"Mereka yang berpendidikan rendah cenderung mau menerima pekerjaan apa saja, dapat dilihat dari TPT SD ke bawah paling kecil diantara semua tingkat pendidikan yaitu sebesar 1,91 persen," tutur Ihsanurijal.

Keadaan ini, tambah Ihsanurijal, apabila dibandingkan kondisi setahun yang lalu (2019, maka penurunan dan kenaikan TPT terjadi pada semua tingkat pendidikan.

Komentar

Loading...