Unduh Aplikasi

Akademisi: Tidak Jadi Masalah APBA 2017 Dipergubkan

Akademisi: Tidak Jadi Masalah APBA 2017 Dipergubkan

BANDA ACEH – Anggaran Pendapatan dan Belanjar Aceh (APBA) 2017 dikabarkan akan berakhir dengan peraturan gubernur (Pergub). Hal itu mengingat tarik ulur APBA 2017 antara eksekutif dan legislatif tak kunjung usai.

Akademisi Unsyiah, Syukri Abdullah menyebutkan hal itu merupakan langkah yang bagus yang diambil Plt Gubernur Aceh, Meyjen (Purn) Soedarmo, supaya tidak memperlambat proses pembangunan Aceh selama setahun kedepan.

“Kalau (APBA 2017) tertunda banyak proyek yang tidak terealisasi dan mengakibatkan (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran atau SiLPA) yang sangat besar,” kata Sykuri kepada AJNN, Sabtu (31/12).

Menurut Syukri mengenai landasan APBA 2017 diqanunkan atau dipergubkan itu tidak menjadi masalah. Katanya, ketika APBA 2017 berjalan dengan adanya landasan qanun atau secara normal, berarti itu APBA 2017 mendapatakan kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif.

“Secara teknis kalau sebuah qanun sudah disepakati, maka harus ada pergub untuk menjalankan. Sama dengan APBA kalau sudah ada qanun, gubernur langsung membuat pergub untuk dilaksanakan oleh SKPA,” ujar Syukri.

Maka hari ini, katanya, ketika Plt Gubernur Aceh mencoba mengambil jalan untuk mengeluarkan pergub APBA 2017, berbarti tidak ada kesepatakan antara eksekutif dan legislatif. 

Komentar

Loading...