Unduh Aplikasi

Pengamat: Kisruh Golkar Melemahkan Nilai Tawar di Mata Kadernya

BANDA ACEH-Pengamat politik dan keamanan Aceh Aryos Nivada mengatakan kisruh yang terjadi di tubuh Partai Golkar akan membuat konselasi politik baik di nasonal maupun di lokal.

"Karena Golkar sebuah partai yang dianggap berpengaruh, keberadaan Golkar mempu membuat pengaruh terhadap kebijakn-kebijakan pemerintahan," katanya.

Menurut Aryos, kisruh ini makin memperlemah Golkar secara kekuasaan dan memperlemah nilai tawar kader dimata kadernya. Tidak tertutup kemungkinan bahwa kadernya akan mengalami rasa tak percaya diri untuk bertahan di partai Golkar.

"Hal itu akan menyebabkan migrasi besar-besaran ke partai lain atau membuat partai baru, hal lain yang saya lihat juga bahwa turbulensi Partai Golkar ini bagian dari bagaimana cara Golkar melakukan pembenahan-pembenahan di internal untuk lebih maju kedepannya.," katanya.

Dengan begitu kata Aryos akan membuat Golkar kehilangan kader-kader dan mengalami krisis kader.

Dikatakan Aryos, Golkar merupakan partai yang memiliki upaya mendemokrasikan secara internal bukan partai yang mempraktekkan oligarki dan  menghegemonikan institusi partainya sendiri.

Aryos menambahkan, yang harus dilakukan Golkar saat ini adalah kedua belah pihak jangan hanya berfikir kepada dataran kekuasaan tapi bagaimana menyelamatkan Golkar sebagai pertai yang memiliki legitimasi dari rakyat dengan memberikan hak suaranya.

NAZAR AHADI

Komentar

Loading...