Unduh Aplikasi

Penetapan Caleg Terpilih di Pidie Jaya Tunggu Putusan MK

Penetapan Caleg Terpilih di Pidie Jaya Tunggu Putusan MK
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya belum dapat memastikan jadwal penetapan calon legeslatif (caleg) terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya periode 2019-2024.

Sesuai jadwal, penetapan caleg terpilih seharusnya dilakukan antara 1 hingga 4 Juli 2019. Namun disebabkan ada sangketa pileg DPRK yang digugat Partai Bulan Bintang (PBB) Pidie Jaya, sehingga jadwal penetapan caleg terpilih di Pidie Jaya belum dapat dijadwalkan.

"KIP Pidie Jaya belum menjadwalkan penetapan caleg terpilih, karena ada partai peserta pemilu yang menggugat ke MK, kita tunggu dulu putusan MK," kata Ketua KIP Pidie Jaya, Iskandar yang dihubungi AJNN, Selasa (2/7).

Baca: Gugat ke MK, PBB Pijay Tuntut PSU di Delapan TPS

Iskandar menjelaskan, jika MK memutuskan menerima gugatan PBB, maka pihaknya akan menjalankan dulu putusan tersebut sebelum melakukan penetapan.

"Jika gugatannya ditolak, selang tiga hari dari putusan itu baru dapat dilakukan penetapan caleg terpilih," jelasnya.

Iskandar belum mendapat informasi kapan putusan gugatan itu akan dibacakan oleh Hakim MK. Namun setaunya, semua gugatan di MK tuntas pada 9 Agustus 2019.

"Mudahan-mudahan gugatan dari Aceh dapat dipercepat," harapnya.

Sebelumnya diberitakan, DPC PBB Pidie Jaya menggugat KIP setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan ke MK itu dilayangkan karena KIP setempat tidak mengindahkan gugatan yang pernah dilayangkan oleh DPC PBB Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

Dihimpun AJNN, Kabupaten Pidie akan melakukan penetapan caleg terpilih pada Pemilu 2019 lalu, Rabu 3 Juli 2019.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...