Unduh Aplikasi

Penerimaan CPNS Abdya Didominasi Formasi Guru

Penerimaan CPNS Abdya Didominasi Formasi Guru
Kepala BKPSDM Abdya, Drh Hj Cut Hasnah Nur saat melakukan konferensi pers, Foto: AJNN.Net/Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Dari 138 formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), sebanyak 52 persen didominasi oleh formasi tenaga pendidikan atau guru.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abya, Hj Cut Hasnah Nur, menuturkan Pemkab Abdya tahun 2019 ini, mengusulkan formasi kebutuhan CPNS sebanyak 211 formasi, akan tetapi jatah yang disetujui Pemerintah Pusat hanya sebanyak 138 formasi.

Menurutnya, dari 138 formasi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN-RB kepada Pemkab Abdya, sebanyak 71 orang merupakan formasi tenaga pendidikan, 35 orang dengan formasi tenaga kesehatan, dan 22 orang dengan formasi tenaga teknis.

“Untuk tenaga kependidikan memang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, jurusan yang diprioritaskan seperti guru kelas, guru agama dan guru penjas. Kemudian untuk tingkat SMP, guru matematika, bahasa inggris, bahasa indonesia dan IPA,“Ungkap Cut Hasnah Nur kepada wartawan, Rabu (30/10).

Katanya lagi, penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2019 ini rencananya akan dibuka tanggal 11 November 2019, sebagaimana tertuang dalam surat balasan Kementerian PAN-RB yang diterima pihaknya.

“Untuk proses penerimaannya itu sesuai dengan surat dari Menpan, direncanakan tanggal 11 November 2019. sehingga masih ada sisa waktu sekitar dua minggu untuk mempersiapkan berkas pendaftaran,“ katanya.

Lanjutnya, pelamar dapat melakukan proses pendaftaran secara online melalui portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), melalui alamat https://sscasn.bkn.go.id. Berdasarkan ketentuan, penerimaan CPNS tahun ini tidak ada lagi pembatasan wilayah.

“Dari berbagai daerah bisa mendaftar mengambil formasi pemerintah kabupaten Abdya melalui portal SSCASN BKN,“ sebutnya.

Terkait penetapan lokasi pelaksanaan ujian seleksi Computer Assisted Test (CAT) CPNS Pemkab Abdya, pihaknya meminta agar dilakukan di kabupaten setempat. Hal ini dilakukan untuk memberi kemudahan bagi putra-putri Abdya dalam mengikuti seleksi penerimaan CPNS.

“Untuk pelaksanaan ujian kami minta dilakukan di daerah, nanti akan kami surati BKN. Kita bisa meminjam pakai fasilitas atau sekolah-sekolah yang memiliki laboratorium komputer,“ ujarnya.

Komentar

Loading...