Unduh Aplikasi

Penembakan di Kampus AS, 10 Orang Tewas

ROSEBURG - Kasus penembakan di sebuah kampus di Amerika Serikat kembali terjadi dan tempat kejadian perkara kali ini ada di Umpqua Community College, Roseburg, Oregon, pada Kamis (1/10) waktu setempat.

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian Oregon, Bill Fugate mengatakan, informasi awal menunjukkan 10 orang tewas dan 20 orang terluka akibat aksi penembakan ini.

Menurut laporan CNN, saat ini pelaku penembakan telah ditahan. Belum diketahui pasti identitas pelaku, dan belum diketahui pula kondisi terkini pelaku.

Saat ini petugas keamanan telah berada di lokasi kejadian dengan membawa anjing pelacak guna mencari senjata api dan amunisi.

Marsekal Ray Shoufler dari Douglas County Fire setempat mengatakan, dua pasien meninggal dunia ketika dibawa ke rumah sakit terdekat. “Kami telah tiba untuk menemui beberapa pasien di beberapa kelas. Penegakan hukum dilakukan di tempat kejadian dan mengamankan pelaku penembakan,” ujarnya kepada CNN.

Roseburg merupakan kota dengan populasi 22 ribu yang terletak sekitar 112 kilometer selatan dari Eugene, Oregon, dan sekitar 289 kilometer dari selatan Portland.

Umpqua Community College, didirikan pada 1964, menampung sekitar 13.600 mahasiswa pada 2013-2014. Hanya 740 mahasiswa yang belajar penuh waktu di sana, sementara 2.437 belajar paruh waktu.

Menurut catatan, penembakan di institusi pendidikan Amerika Serikat sempat terjadi di Universitas Negeri Florida, melukai tiga orang, pada November 2014.

Ada pula penembakan tiga mahasiswa Muslim di sebuah apartemen dekat Universitas North Carolina, Chapel Hill, pada Februari 2015.

Antara tahun 2000 hingga 2010, total lebih dari 335 ribu orang tewas karena penembakan di Amerika Serikat. Hal ini antara lain disebabkan oleh kepemilikan senjata api yang mudah. Setiap 88 dari 100 orang di Amerika Serikat memiliki senjata api.

CNN Indonesia

Komentar

Loading...