Unduh Aplikasi

Penderita TBC di Pidie Jaya capai 148 Orang

PIDIE JAYA- Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya H. Said Abdullah mengungkapkan jumlah warga Pidie Jaya yang menderita TBC (Tuberkolosis) pada tahun 2014 mencapai 148 orang, namun yang sudah sembuh sebanyak 128 orang.

"Alhamdulilah, tahun ini kasus TBC mengalami penurunan dengan jumlah penderita 105 orang," kata H. Said Abdullah dalam acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Aula Kantor Bappeda setempat, Rabu (21/10) pagi.

Menurut Said, penyakit TBC disebabkan oleh kuman atau disebut Mycobacterium tuberculosis yang sebagian besar kuman tersebut menyerang paru-paru, juga dapat mengenai organ tubuh lainnya. Selain itu, penyakit ini juga mudah tertular jika seseorang sudah terjangkit maka akan tertular 10 sampai 15 orang lainnya.

Kadinkes menghimbau kepada masyarakat dan setiap kader Puskesmas untuk memberikan peyuluhan mengenai TB kepada masyarakat

"Untuk meninimalisir kasus ini adalah tanggung jawab bersama, baik elemen masyarakat, maupun para kader dan petugas kesehatan. Penting untuk mengobati TB sebelum menjadi terlalu akut,"katanya.

Amatan wartawan Asisten III, Setdakab Pidie Jaya, Abdurrahman Puteh, saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis)penguatan system pelayanan kesehatan dalam penataan kasus TBC.

SALMAN

Komentar

Loading...