Unduh Aplikasi

Pendekatan PDIA Antarkan Guru di Pijay Ini Juara Tingkat Nasional

Pendekatan PDIA Antarkan Guru di Pijay Ini Juara Tingkat Nasional
Kepala Sekolah SDN 3 Ulim, Mukhlis Benzema. Foto: IST

PIDIE JAYA - Mukhlis, Kepala sekolah SD Negeri 3 Ulim, Kecamatan Ulim, Pidie Jaya, yang sudah meraih berprestasi di tingkat nasional membeberkan metode penyelesaian permasalahan pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di masa pandemi Covid-19.

"Menyelesaikan permasalahan pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui pendekatan Problem Driven Iterative Adaptation (PDIA) adalah sebagai solusi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19," kata pria yang akrab disapa Mukhlis Benzema itu kepada AJNN, Jumat (4/12).

Mukhlis Benzema yang berhasil meyabet gelar juara pertama Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Sekolah Inklusi (SPPSI) tingkat nasional setelah menyisihkan 684 peserta dari 34 provinsi itu menyebutkan, penyelesaian belajar selama ini adalah top-down, tetapi dengan PDIA, dilakukan dari bawah ke atas, dengan melibatkat aktor lokal.

Aktor lokal yang dimaksud oleh Kepala Sekolah SD 3 Ulim itu adalah, guru, komite, serta wali murid. Sehingga melakukan dari PDIA lahirlah innonvasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"PDIA sendiri saya replikasi dari Inovasi dalam mengeksploitasi dan mengindentifikasi tantangan pembelajran bagi Anak Berkebutuhan Khusus dimasa pandemi ini dan merancang solusi yang relevan dengan melibatkan guru, wali siswa dan komite," bebernya.

Mukhlis menambahkan, ia membaca artikel untuk meyelesaikan problem pembelajaran ABK yang diilhami oleh akademisi Harvard, Dan Andrews. Artikel  tersebut katanya, dipublis di PDIA.

"Dengan kudasi (kunjungi, dampingi dan motivasi) siswa ke rumah, Insha Allah problem ini teratasi," yakin Mukhlis Benzema.

Dijelaskan, di bidang pendidikan di Indonesia, PDIA pertama kali diperkenalkan oleh Inovasi, yaitu sebuah program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Australia yang dimulai pada tahun 2016. Program kerjasama lain yang telah menerapkan PDIA adalah Research on Improvi.

Disamping itu, ia sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakannya, sehingga memperoleh penghargaan di tingkat nasional.

"Saya berharap innovasi ini mampu menjadi inspirasi bagi guru dan kawan-kawan kepala sekolah di Aceh," harapnya menutup.

Komentar

Loading...